Polisi Dongko Berikan Pelayanan Prepekan Pasar Kliwon

 

Polres Trenggalek –  Tradisi yang menandai datangnya hari lebaran idhul fitri adalah prepekan pasar. Seperti juga namanya, prepekan pasar merupakan tradisi yang terjadi di pasar, yakni kondisi pasar menjadi lebih ramai dari hari pasaran biasanya dan juga pasar sangat penuh oleh orang-orang yang melakukan persiapan logistik jelang lebaran idhul fitri.

Dengan hal tersebut Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., kendalikan anggota untuk melaksanakan pelayanan pengamanan dan pengaturan di prepekan pasar kliwon Dongko. Kamis (014/06).

Terlihat mulai pagi buta segenap anggota Polsek Dongko sudah terjun kelapangan untuk mengatur arus dijalur pertigaan pasar kliwon Dongko yang mulai pagi sudah penuh sesak dan berjubel pengunjung dan ditambah lagi hiruk pikuk kendaraan arus mudik H-1 lebaran sehingga membuat suasana memadati prepekan pasar kliwon Dongko.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki,S.H., juga menyempatkan patroli jalan kaki ke dalam pasar guna memberikan pesan waspada terhadap para pengunjung pasar kliwon Dongko. Saat ditemui usai kegiatan Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., menerangkan aktifitas masyarakat untuk berbelanja di prepekan pasar kliwon kali ini luar biasa.
“Penuh sesak dan sangat berjubel, tempat parkir kendaraan semuanya penuh dan pasar Dongko menjadi lautan manusia” ujarnya.

Lebih lanjut Tri Basuki,S.H., menuturkan inilah alasan klasik masyarakat sehingga memadati pasar kliwon Dongko di prepekan pasar ini adalah mereka beranggapan jika pada hari H lebaran, pasar akan tutup, karena semua pedagangnya disibukkan dengan aktivitas berlebaran, sehingga hari ini semuanya harus belanja keperluan untuk hari raya idhul fitri besok pagi, terang Kapolsek dengan pangkat tiga balok emas dipundak ini.

“Untuk hari ini waktunya prepekan pasar Kliwon maka kami fokuskan dan seluruh personil all out di lapangan guna berikan kelancaran dan pengamanan serta pengaturan arus lalulintas mudik lebaran Idhul Fitri 1439H kendaraan yang sangat padat di jalur pertigaan pasar kliwon Dongko”, imbuh AKP Tri Basuki,S.H.

Dengan kesigapan seluruh personil, Alkhamdulilah kegiatan prepekan pasar kliwon Dongko berjalan aman dan terkendali, pungkas AKP Tri Basuki,S.H.