Polsek Munjungan : Pantauan Arus Mudik Idul Fitri 1439 H Di Medan Curam

Polres Trenggalek –  Pantau arus mudik melalui Posko (Res Area) yang didirikan dijalur curam “Rengkek-rengkek” Kamis (14/06/2018) siang. “Rengkek-rengkek” bagi pengguna jalur jalan raya Kampak-Munjungan dan sebaliknya, mungkin tidak ada yang tidak kenal dengan daerah tersebut. Jalan yang mempunya tanjakan atau turunan dengan kemiringan kurang lebih empatpuluh derajat tersebut adalah merupakan jalur rawan terjadinya kecelakaan lalu-lintas atau dapat dikategorikan sebagai jalur maut.

Dari data yang dihimpun Kepolisian Sektor Munjungan-Polres Trenggalek dalam periode 2018 saja sudah Delapan kali kejadian Kecelakaan lalu-lintas terjadi didaerah tersebut. Angka kecelakaan lalu-lintas yang terjadi didaerah tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua jenis matic yang OC (Out off control) dengan pemicu rem blong ketika melewati turunan serta kendaraan roda empat yang tidak kuat melalui tanjakan dikarenakan melebihi muatan sehingga melaju mundur dan tidak terkendalikan. Pada intinya jalur tersebut adalah merupakan jalur rawan bagi semua jenis kendaraan baik pada saat menanjak maupun menurun.

Dengan sering terjadinya kecelakaan lalu-lintas didaerah tersebut, kali ini Pemerintah Kecamatan Munjungan yang dipelopori oleh Intansi dan Organisasi yang ada di Kecamatan Munjungan secara bekerjasama telah mengambil langkah cerdas antisipasi kejadian kecelakaan lalu-lintas dengan mendirikan Posko pantauan atau lebih rincinya sebagai tempat istirahat (Res Area) bagi para pemudik menejelang lebaran tahun 2018.

Kapolsek Munjungan melalui Wakapolseknya Iptu Budi Wahono yang memantau langsung ke posko (Res Area) menuturkan bahwa didirikannya posko tersebut adalah merupakan kepedulian Pemerintah Kecamatan Munjungan yang bekerjasama dengan Instansi dan Organisasi yang ada diwilayah Kecamatan Munjungan untuk meminimalisir angka kecelakaan dijalur curam “Rengkek-rengkek” khususnya pada saat arus mudik lebaran seperti saat ini.
“Ini adalah merupakan langkah cerdas Pemerintah Kecamatan Munjungan, dengan disediakan tempat istirahat (Res Area) seperti ini diharapkan para pengguna jalan terutama yang hendak menuju Kecamatan Munjungan berkenan singgah guna pendinginan mesin dan rem pada kendaraanya” ungkap Iptu Budi Wahono.

Posko (Res Area) yang didirikan dijalur rawan kecelakaan tersebut rencananya akan didirikan selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2018. Dan pada agendanya posko tersebut akan dijaga oleh petugas secara bergiliran. (Red/AA)