Tingkatkan Keamanan Mako Senpi Harus Melekat di Personel

Polres Trenggalek – Dalam kesiagapan dan kesiapan terhadap ancaman yang tidak diinginkan dari pelaku teror yang akan mengganggu Kamtibmas di wilayah Pule, Personel Polsek Pule Polres Trenggalek melakukan serah terima senjata Inventaris berupa Revolver kepada petugas yang baru, itu pada Sabtu ( 16/06 ). Dalam penyerahan dari petugas jaga lama Aiptu Joko Nurhadi kepada yang akan melaksanakan tugas hari ini Bripka Saiful dan rekan personel lainya, kegiatan serah terima senpi dilakukan di dalam Mako Polsek Pule.

 

” Dari sekian waktu senpi inventaris saya siapkan pada diri saya, sewaktu -waktu adanya kejadian kita langsung bisa mengamankan apabila bentuk kejadianya sesuai dengan penggunaan senjata api, ” kata KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko saat menyerahkan Senpi Inventaris.

 

 

Dalam penggunaan senjata api (Senpi), yang bisa dipertanggung jawabkan dalam  upaya melumpuhkan tindakan pelaku kejahatan yang mengancam secara segera menimbulkan luka parah atau kematian bagi anggota Polri atau masyarakat.

Sedangkan upaya lain, Polri tidak memiliki alternatif lain yang beralasan dan masuk akal untuk menghentikan tindakan, perbuatan pelaku kejahatan atau tersangka tersebut sehingga perlunya melumpuhkanya.

Selain itu, untuk mencegah larinya pelaku kejahatan atau tersangka yang merupakan ancaman segera terhadap jiwa anggota Polri atau masyarakat.Pada prinsipnya, merupakan upaya terakhir untuk menghentikan tindakan pelaku kejahatan atau tersangka.

Jadi, penggunaan senjata api oleh polisi hanya digunakan saat keadaan adanya ancaman terhadap jiwa manusia. Sebelum menggunakan senjata api, polisi harus memberikan peringatan yang jelas dengan cara tembakan peringatan.