Arus Balik Lebaran, Satlantas Polres Trenggalek Terapkan Diskresi dan Rekayasa Lantas

Polres Trenggalek – Memasuki hari ke-3 lebaran, arus balik mulai terlihat di sepanjang jalan Nasional di Kabupaten Trenggalek. Hampir semua ruas jalan menuju kota Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo dan Pacitan Pacitan dipenuhi oleh pemudik yang didominasi oleh kendaraan roda empat. Minggu (17/06)

Intensitas arus balik yang cukup siginifikan tersebut membuat petugas pengamanan dari Satuan lalulintas Polres Trenggalek berjibaku mengatur arus Lalin agar tetap lancar dan terhindar dari kemacetan panjang.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.I.K., S.H. yang turun langsung di jalan menuturkan, arus balik lebaran sudah mulai terjadi, terbukti dari tingkat jumlah kendaraan yang melintas meningkat cukup tajam.

“Ada beberapa simpul yang cukup padat diantaranya simpang empat Durenan, simpang empat Kedunglurah, simpang empat Bendorejo dan Simpang Tiga Jarakan.” Jelas AKP Ricky

Masih kata AKP Ricky, guna mengurai kepadatan dan memperlancar arus kendaraan, pihaknya menggunakan diskresi kepolisian dengan menempatkan personel Satlantas menggantikan fungsi trafficlight serta mengubah rambu lalulintas belok kiri jalan terus di beberapa titik.

“Kita gunakan diskresi kepolisian dan rekayasa Lalin. Tidak lagi menggunakan lampu lalulintas tetapi anggota yang langsung mengatur di tengah jalan. Rambu yang awalnya belok kiri ikuti lampu kita arahkan untuk belok kiri jalan terus.” Jelasnya

Alhasil, dengan diskresi dan rekayasan lalulintas tersebut, arus lalulintas yang awalnya cukup padat berlahan-lahan mulai lebih lancar tanpa hambatan berarti.

Tak hanya di jalan raya, peningkatan arus balik juga terpantau terjadi di terminal bus Surodakan Trenggalek. Berdasarkan pantauan tercatat sebanyak 113 bus memberangkatkan penumpang sebanyak 2.760 penumpang menuju keluar kabupaten Trenggalek sementara kedatangan penumpang sebanyak 973 orang dengan 94 armada Bus.

“Puncak arus mudik dimungkinkan terjadi tanggal 19-20 Juni 2018. Namun sudah kita antisipasi sedini mungkin agar tidak terjadi kemacetan” Pungkas AKP Ricky