Petugas Polsek Kampak Silaturahmi ke Tokoh Masyarakat Jalin Ukhuwah Islamiyah

Polres Trenggalek – Ada beberapa kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia. Tradisi lebaran ini sudah terjadi secara turun-temurun sebagai warisan budaya bangsa yang masih belum terkikis oleh modernisasi jaman, seperti hal nya silaturahmi yang dilakukan oleh Patroli Polsek Kampak Polres Trenggalek yang dipimpin Kanit Intelkam Aiptu Jarni dikediaman Bpk. H. Gini di desa Sugihan Kampak Trenggalek. Minggu (17/06/2018).

Kunjungan kekediaman H. Gini tersebut dalam rangka halal bihalal, Halal bi halal adalah istilah untuk saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling ber maaf-maaf-an.

Tradisi ini bahkan juga mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan halal bi halal melalui media online dan gadget modern. Kini banyak di antara kita yang saling bermaafan melalui handphone, media sosial, dan semacamnya

Manfaat dan tujuan menjalin ukhuwah islamiyah adalah menciptakan persatuan dan kesatuan, menumbuhkan sikap tenggang rasa dan toleransi, menjalankan perintah Allah SWT, mempererat hubungan silaturahmi,  serta menjadikan Agama Islam semakin kuat.

“Ukhuwah tak bisa dibeli dengan apa pun. Tapi ia diperoleh dari penyatuan antara ikatan hati dan hati serta karakteristik istimewa dari seorang mukmin yang shaliih.” Ujar Kanit Intelkam Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Jarni.