Polsek Pogalan Himbauan Warga Untuk Tidak Menerbangkan Balon Karena Ada Potensi Bahaya

Polres Trenggalek – Momen Hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Trenggalek kerap diwarnai dengan penerbangan balon, karena membahayakan jalur penerbangan dan berpotensi kebakaran, Polsek Pogalan Polres Trenggalek menggalakan himbauan kamtibmas secara langsung kepada masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara di wilayah Kecamatan Pogalan Polres Trenggalek. Sabtu (16/06).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kanit Sabhara Polsek Pogalan Ipda Singgih Susilo bersama tiga anggota saat melakukan Patroli dialogis dengan sasaran warga masyarakat yang sedang berkumpul.

Dalam kesempatan tersebut petugas patroli menghampiri pemuda Desa Bendorejo yang sedang membuat balon di pinggir jalan, kemudian petugas patroli menyampaikan himbauan kamtibmas supaya tidak menerbangkan balon udara karena dapat menggangu penerbangan dan berpotensi  kebakaran.

“Penerbangan balon akan membahayakan pesawat jika sampai material balon tersangkut baling-baling atau lainnya., selain itu balon dapat menimbulkan kebakaran jika balon udara yang diterbangkan gagal naik.” Ujar Ipda Singgih Susilo.

Sementara itu di tempat terpisah Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek AKP Warjito, S.H. mengatakan bahwa pihaknya mengupayakan himbauan atau tindakan preventif  agar masyarakat tidak menerbangkan balon.

“Kalau memang sudah diimbau tapi tetap menerbangkan balon, berarti sudah melanggar aturan. Nanti akan kita berikan tindakan tegas,” pungkas AKP Warjito.