Patroli Pertokoan Cegah Kriminalitas di Saat Lebaran

Polres Trenggalek – Brigadir Kepala Sarwanto personel Polsek Pule Polres Trenggalek melakukan kegiatan dalam menjaga situasi Kamtibmas di Pertokoan dalam kaitanya suasana lebaran, dalam pencegahanya dari pelaku kriminal pencurian pada saat malam hari di salah satu lokasi perbelanjaan di wilayah Pule, itu pada Minggu malam ( 17/06 ).

 

 

“ Kami mengarahkan adanya kegiatan patroli ke salah satu pertokoan yang ada, kegiatan seperti ini akan kami optimalkan pada lokasi-lokasi yang ramai jelang perayaan idul fitri atau lebaran. Yang mana kejadian kejahatan juga membarengi adanya perayaan idul fitri, “ jelas personel Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto menuturkan kepada redaksi yang mengikutinya.

Seperti yang disampaikan personel Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto , Masyarakat kota yang serba kompleks telah memunculkan beragam masalah sosial, salah satunya adalah kriminalitas. Kriminalitas atau tindak kejahatan adalah tingkah laku yang melanggar hukum dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Bahkan, kriminalitas dapat dikatakan sebagai muara dari problematika perkotaan. Hal itu karena terjadinya tindak kriminalitas secara sosiologis terkait dengna masalah jumlah penduduk, jumlah industri, jumlah pengangguran, jumlah kemiskinan dalam masyarakat.

Usaha untuk memahami kejahatan sebenarnya telah lama dipikirkan oleh para ilmuwan. Plato misalnya, menyatakan bahwa emas merupakan sumber dari kejahatan manusia. Aristoteles menyebutkan bahwa kemiskinan menyebabkan kejahatan dan pemberontakan. Adapun Thomas Moore mengatakan bahwa hukuman berat yang dijatuhkan kepada penjahat pada waktu itu tidak berdampak banyak untuk penghapusan kejahatan yang terjadi. Untuk itu harus dicari sebab kejahatan untuk menghapuskan kejahatan tersebut.

Kejahatan senantiasa ada dan terus mengikuti perubahan zaman. Perkembangan masyarakat yang semakin maju menyebabkan kejahatan pun ikut mengalami perubahan, baik pada sisi bentuk maupun modusnya. Oleh karena itu, sulit jika negara akan melenyapkan kejahatan secara total. Emile Durkheim menyatakan bahwa kejahatan adalah suatu gejala normal didalam setiap masyarakat yang bercirikan heterogenitas dan perkembangan sosial karena itu tidak mungkin dapat dimusnahkan secara total.