Pesan Kamtibmas Agar Masyarakat Tidak Menaikkan Balon Udara

Polres Trenggalek – Untuk memeriahkan lebaran hari raya Idul Fitri tradisi  masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek  biasanya menaikkan balon udara secara liar.
Kebiasaan masyarakat yang menaikkan balon udara tersebut sangat membahayakan lalu lintas udara khususnya penerbangan.

Mensikapi hal tersebut   KSPKT Polsek Dongko Aiptu Edi Purwanto bersama PS Kanit Provost Bripka Budi Sanyoto dan satu anggota lainnya melaksanakan sambang sekaligus mempererat jalinan silahturahmi di hari raya idhul fitri ke pengasuh pondok pesantren Darussalam Dongko KH Ahmad Samingan. Senin (18/06).

Pada kesempatan itu tak lupa KSPKT Aiptu Edi titip pesan agar di sampaikan kepada masyarakat agar tidak menaikkan balon udara secara liar, karena hal itu sangat berpotensi mengganggu lalu lintas udara dan penerbangan.

Terlihat KH. Ahmad Samingan menerima dengan baik atas sambang kunjung anggota Polsek Dongko dan menyampaikan terimakasih atas pesan yang disampaikan agar disebarkan kepada masyarakat untuk tidak menaikkan balon udara.

Sementara ditempat terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., membenarkan apa yang telah di lakukan anggotanya untuk laksanakan sambang tokoh terkait titip pesan kamtibmas.
“Saya mengingatkan kepada anggota agar dalam pelaksanaan kegiatan patroli ataupun sambang kunjung agar selalu menitipkan pesan kepada masyarakat untuk tidak menaikan balon udara”, ujarnya.

Lebih lanjut AKP Tri Basuki,S.H., menjelaskan dampak buruk yang diakibatkan dari balon udara yang dinaikkan ini kalau terbang terlalu tinggi bisa mengganggu jalur transportasi udara / penerbangan.
Selain itu apabila balon tersebut tidak terbang tinggi dan jatuh di perkebunan ataupun rumah warga bisa mengakibatkan kebakaran, mengingat yang dipakai untuk sumbu adalah berbahan minyak dan api, terang AKP Tri Basuki,S.H.

“Alkhamdulillah, sampai saat ini untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Dongko  tidak ada yang menaikan balon udara”, pungkas AKP Tri Basuki, S.H.