Pastikan Siap, AKBP Didit BWS Pimpin Simulasi Pengamanan TPS di Trenggalek

Polres Trenggalek – Usai Apel 3 Pilar dan Serpas petugas Pam TPS dalam rangka pengamanan Pilkada 2018 yang digelar di halaman Mapolres pagi ini, Kapolres Trenggalek AKBP Didit bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. memimpin langsung simulasi pengamanan TPS. Senin (25/06)

Di ujung sebelah barat halaman Mapolres telah disiapkan tenda ukuran sedang yang di asumsikan sebagai ruang TPS. Beberpa personel disiapkan sebagai pemeran petugas KPPS, Linmas, TNI dan Polri.

Hadir dalam acara tersebut Plt. Sekda Drs. Kusprigianto, M.M., Pasiops Kodim 0806 Trenggalek Kapten Czi Hendro Suseno, KPU dan Panwaslu Trenggalek, Kepala Kesbangpol, dan tamu undangan lainnya. Simulasi juga disaksikan oleh seluruh petugas Pam TPS.

Dalam simulasi tersebut dijelaskan Tupoksi dari masing-masing petugas sehingga masing-masing petugas pengamanan memahami dan mengetahui tugas dan wewenangnya secara komprehensif. Dijelaskan pula oleh AKBP Didit bagaimana pola pengamanan dan hubungan tata cara kerja antar stake holder ketika ada masalah sehingga terjadi sinkronisasi yang jelas sesuai tataran kewenangannya.

“Dengan simulasi ini, diharapkan ada persamaan persepsi cara bertindak di TPS. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan” Jelas AKBP Didit

Meskipun dengan peralatan sederhana, namun simulasi pengamanan TPS ini dibuat senyata mungkin seperti kondisi yang sebenarnya. Tujuannya tentu saja agar masing-masing petugas dapat menjalankan tugas dengan baik yang muaranya adalah Pilkada jatim 2018 dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai.

Sebagai informasi, dalam pengamanan Pilkada 2018, Polres trenggalek menurunkan sedikitnya 445 personel Polri. 332 personel bertugas mengamankan 1.210 TPS dan 113 personel lainnya tergabung dalam peleton Dalmas on call di Mako yang dapat digerakkan sewaktu-waktu. Selain itu, Polres Trenggalek di backup oleh 217 personel TNI dari Kodim 0806 Trenggalek, 87 personel Satpol PP dan 2.420 personel Linmas