Petugas Patroli Berikan Teguran Pada Anak Dibawah Umur yang Mengendarai Motor

Polres Trenggalek – Seperti biasanya,  Petugas Patroli dari Polsek Karangan Polres Trenggalek melakukan Patroli siang hari diwilayah hukum Polsek Karangan Kamis (12/07).

Dijalan menuju Desa Sumber, mereka berpapasan dengan dua orang anak yang sedang berboncengan mengendarai kendaraan bermotor. Mereka diberhentikan selanjutnya diberikan teguran terhadap pengendara anak tersebut, untuk mentaati aturan tertib lalu lintas yang ada.

Terlebih lagi untuk anak – anak dibawah umur, belum diperkenankan untuk mengendarai kendaraan sendiri tanpa pendampingan dari orang dewasa. Apalagi mereka berkendara tanpa menggunakan Helm, dan itu dinilai sangat berbahaya bagi keselamatan mereka.

Ditempat terpisah, Kapolsek Karangan AKP Sutrisno,SH. mengatakan “Para remaja di bawah 17 tahun sudah seharusnya tidak mengendarai kendaraan karena mereka belum berhak mendapatkan surat izin mengemudi (SIM). Tingginya kecelakaan lalu lintas salah satunya disebabkan oleh ulah para remaja di bawah 17 tahun yang secara serampangan dalam berkendara.”

Padahal aturan yang tercantum dalam Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah jelas. Mereka yang mau mengendarai motor/mobil harus berusia minimal 17 tahun.

Pada Pasal 281 disebutkan “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).”