Koordinasi Rencana Pembekalan Siswa Baru di SMU 1 Pule

Polres Trenggalek – Adanya rencana pemberian materi dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme dan karakter bangsa, dilakukanya koordinasi antar stakeholder yang tergabung dalam Muspika Pule termasuk dari kepolisian sektor Pule Polres Trenggalek di SMU Negeri 1 Pule hari kemarin Jum’at ( 13/07). Dengan adanya perkembangan zaman dan semangat memupuk jiwa nasionalisme, anak sekolah dilakukanya kegiatan yang difokuskan dalam upaya pengembangan rasa nasionalisme sejak dini.

 

Dari hasil koordinasi yang disampaikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji,S.H.,M.H pihaknya akan menyiapkan pemaparan dan penyampaian mengenai wawasan kebangsaan, bersama unsur dari Koramil 0806/10 Pule yang juga menyampaikan materi yang sifatnya bernuansa Nasionalisme. ” Pihak kami siap dalam penyampaian materi bagi siswa baru yang bakal di gelar minggu depan, mengenai waktunya kita serahkan kepada pihak sekolah mudah-mudahan tidak terbenturnya dengan kegiatan dinas lain yang tak bisa ditinggalkan,” kata Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji.

 

Saat dikonfirmasi dilokasi kegiatan kemarin, Kapolsek Pule Polres Trenggalek menyampaikan Kesadaran berbangsa dan bernegara berarti sikap dan tingkah laku harus sesuaidengan kepribadian bangsa dan selalu mengkaitkan dirinya dengan cita-cita dantujuan hidup bangsa Indonesia (sesuai amanah yang ada dalam Pembukaan UUD
1945).

 

 

Dalam pelaksanaanya disampaikam melalui kegiatann menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia yang terdiri dari beberapa suku bangsa yang mendiami banyak pulau yangmembentang dari Sabang sampai Merauke, dengan beragam bahasa dan adat istiadat kebudayaan yang berbeda-beda.

 

Kemajemukan itu diikat dalam konsep
wawasan nusantara yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri
dan lingkungannya yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta rasa memiliki jiwa besar dan patriotisme untuk menjaga
kelangsungan hidup bangsa dan negara.

 

 

Sikap dan perilaku yang patriotik dimulai
dari hal-hal yang sederhana yaitu dengan saling tolong menolong, menciptakan
kerukunan beragama dan toleransi dalam menjalankan ibadah sesuai agama
masing-masing, saling menghormati dengan sesama dan menjaga keamanan
lingkungan dan memiliki kesadaran atas tanggungjawab sebagai warga negara Indonesia yang menghormati lambang-lambang negara dan mentaati peraturan perundang-undangan yang ada.