Patroli Polisi Sambangi Perangkat Desa Wujudkan Kemitraan

Polres Trenggalek – Jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek dengan mengunakan Mobil Back Bone secara rutin melaksanakan kegiatan Patroli wilayah sekaligus dialogis dengan warga untuk berikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas.

Kegiatan patroli harkamtibmas dan dialogis tersebut seperti yang dilaksanakan pada siang ini, Kamis (26/07) dimana anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek yang dipimpin oleh Kanit Bimas Aiptu Sukono mengadakan patroli sekaligus silaturahmi dengan perangkat Desa Nglebo bertempat diruang pelayanan Balaidesa Nglebo Kecamatan Suruh.

Dalam kesempatan silaturahimi dengan perangkat desa Nglebo, Aiptu Sukono bersama sama dengan anggota reskrim memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas serta mengajak para perangkat desa untuk lebih meningkatkan kehati-hatiannya dan kewaspadaan dengan perkembangan situasi saat ini, dimana tindak pidana penipuan melalui HP masih sering terjadi.

Selain hal tersebut juga dibicarakan tetang situasi kamtibmas pasca Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim tahun 2018 serta banyaknya berita berita bohong (Hoax) yang ada dimedia sosial yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami minta kepada para perangkat desa Nglebo untuk dapat terjun ketengah tengah masyarakat guna memberikan arahan kepada warga, untuk dapat ikut menjaga disituasi yang kondusif pasca pelaksanaan Pemilukada tahun ini, dengan tidak mempermasalahkan perbedaan pilihan serta selalu menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan demi kemajuan dan kesejahteraan warga Jawa Timur,” kata Aiptu Sukono.

“Kami sangat mengharap kerjasama dan peran serta dari seluruh perangkat desa dalam menjaga situasi kamtibmas, dan apabila mengalami atau mengetahui peristiwa tindak pidana, jangan ragu untuk segera melapor ke Polsek Suruh Polres Trenggalek agar dapat segera diantisipasi,” pungkas Aiptu Sukono.

Sementara itu Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH saat dihubungi menjelaskan bahwa pelaksanaan giat patroli dan silaturahmi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan seperti Curas, Curat dan Curanmor selain itu anggota patroli juga berbagi informasi dan memberikan himbauan atau sampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada perangkat desa dan warga masyarakat yang di temui pada saat palaksanaan Patroli, sehingga masyarakat akan lebih aktif dan meningkatkan kewaspadaan guna mencegah tindak kejahatan yang bisa sewaktu-waktu terjadi.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan patroli ini, merupakan suatu langkah polisi untuk lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemeliharaan Kamtibmas disekitar lingkungannya. Sebab polisi tidak bisa dengan tenaga, pikiran, dan kemampuannya sendiri akan mampu menyelesaikan permasalahan di tengah-tengah masyarakat tanpa adanya peran serta yang aktif dari masyarakat.

“Patroli Polisi merupakan garda terdepan dalam mejaga keamanan untuk memberikan jaminan keamanan, selain kegiatan patroli dengan menyisir wilayah yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas, petugas patroli juga melakukan dialogis bersama warga,” jelas AKP H Yasir.