Tampil Perdana, Grup Band Polres Trenggalek Pukau Jemaah Tabligh Akbar

Polres Trenggalek – Ada yang menarik dan mungkin luput dari perhatian saat menyaksikan Tabligh Akbar di halaman Mapolres semalam. Ya, siapa lagi kalau bukan grup band dan hadrah Polres Trenggalek. Mereka tampil sebagai pembuka acara yang dihadiri oleh Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf tersebut.

Diakui atau tidak penampilan perdana mereka bisa dibilang cukup memukau. Tak sedikit jemaah yang hadir ikut bersenandung sembari melambaikan tangan. Sedikitnya 5 lagu mereka mainkan untuk menghibur masyarakat.

Grup band yang beranggotakan 6 orang bintara remaja ini baru saja dibentuk untuk mengisi dan meramaikan tabligh Akbar. Tidak mudah memang untuk memadukan aransemen musik, apalagi mereka harus membawakan lagu-lagu Islami.

“Iya benar, baru seminggu kemarin. Jadi, persiapan konsep musik yang akan dibawakan juga masih belum sempuran karena kami harus menyesuaikan dulu satu sama lain” Ujar Briptu Evin yang merupakan anggota senior di grup band tersebut.

Masih kata Briptu Evin, latar belakang dari masing-masing personel juga berbeda. Ada yang basic musiknya dari pop, melayu dan classic rock. Namun perbedaan ini tak menyurutkan mereka untuk menunjukkan hasil karya terbaik.

Usai acara, tim redaksi berkesempatan mengenal lebih jauh tentang grup band Polres Trenggalek ini. Briptu Evin yang merupakan anggota Satreskrim memegang bass, kemudian Bripda Feris anggota Bagsumda dipercaya sebagai gitaris bersama Bripda Mubaroq dan Bripda Rizky anggota Satintelkam sebagai drummer. Sedangkan vokalis diambilkan dua Polwan cantik yakni Bripda Tiwi dari satlantas dan Bripda Verine yang sehari-hari bertugas di Sikeu.

Disinggung tentang nama grup band, Bripda Feris menuturkan, pihaknya belum memikirkan hal tersebut mengingat memang baru saja terbentuk.

“Tadi malam ada yang menyebut Bhayangkara band, ada juga yang mengusulkan Bhatra band, singkatan dari Bhayangkara Trenggalek. Semua masih kami tampung dan menjadi masukan bagi kami. Nanti akan dikonsultasikan dulu dengan Bapak Kapolres selaku pembina karena ini kan membawa nama kesatuan” ujar Bripda Feris diplomatis

“Tapi yang pasti grup band ini akan berlanjut. Tiap ada acara di kantor  Insya Allah tampil. Semua genre musik bisa kami mainkan” imbuhnya

Sedikit berbeda, grup hadrah sudah cukup lama dibentuk. Sebgai koordinator ditunjuk Kabagsumda Kompol Siti Munawaroh, S.H, mengingat mayoritas anggotanya adalah Polwan. Grup Hadrah ini sudah kerap manggung dibeberapa event. Baik internal maupun eksternal.

“Anggotanya 36 orang yang diambilkan dari bintara remaja di masing-masing satuan. 21 Polwan sebagai vokal dan 15 Polki (sebutan untuk polisi laki-laki.red) sebagai pemain musik.” Jelas Kompol Siti.

Lanjut Kompol Siti, keberadaan dua grup musik tersebut diharapkan bisa memberi warna tersendiri dalam upaya mendekatkan diri dengan masyarakat dan bisa dimanfaatkan sebagai media sosialisasi serta merangkul semua elemen khususnya generasi milenial dalam kaitannya menciptakan Kamtibmas kondusif di kabupaten Trenggalek.

Sebagai informasi, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-72, Polres Trenggalek menggelar tabligh Akbar sholawat bersama Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf di halaman Mapolres. Namun Habib Muhammad Luthfi bin Yahya yang dijadwalkan akan mengisi acara, karena suatu sebab berhalangan hadir. Acara ini berjalan meriah dan dihadiri oleh ribuan warga dari seluruh pelosok Trenggalek.