Kapolsek Dongko Menerima Pergantian Regu Pembawa Tandu Napak Tilas

 

Polres Trenggalek – Bertempat di lapangan Kecamatan Dongko digelar upacara pembukaan dan seremoni penancapan kapak ambalan menak sopal, pelantikan peserta dan juga pemberangkatan kegiatan napak tilas perjuangan Panglima Besar Jendral Sudirman. Sabtu (28/07)

Perlu diketahui bahwasanya kegiatan napak tilas dalam rangka mengenang kembali perjuangan dari Panglima Besar Jenderal Sudirman, dan juga peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-57.
Bertemakan “Galang Nasionalisme pemuda dalam merefleksi jejak Historis Sang Panglima”.
Berslogan “Giat Prestasi Penegak 2018 Aktif, Sportif, Inovatif,Kompetitif (ASIK)
Dan dengan motto Satyaku Ku dharmakan, Dharmaku ku bhaktikan.

Pemberangkatan napak tilas yang diikuti oleh 593 (lima ratus sembilan puluh tiga) anggota Saka Pramuka, komunitas pecinta alam dan juga Banser.
Dengan dikawal dari Strada patroli Polsek Dongko Polres Trenggalek yang diarmadai Wakapolsek Ipda Susila Basuki, PS Kanit Sabhara Aiptu Muryanto dan Bripka Heri Cahyono, kegiatan napak tilas berlangsung dari start Lapangan Dongko melintasi desa Cakul dan finish di Desa Bodag Kecamatan Panggul.

Ketika rombongan napak tilas berjalan melewati jalur Dongko sampai Cakul,  masyarakat Dongko dan para murid Sekolah sangat antusias guna memberikan semangat.
Terlihat berbagai macam menu olahan makanan dan juga hasil panen serta air minum di sediakan oleh masyarakat Dongko menyambut suka cita tergelarnya acara napak tilas.

Sesampainya rombongan di Pos Balai Desa Cakul Kecamatan Dongko tampak regu pembawa replika tandu melakukan pergantian.
Pada kesempatan tersebut Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., didampingi Dewan pengurus harian Kwarcab Pramuka Trenggalek saudara Mahsun Ismail menerima laporan pergantian  replika tandu Panglima Besar Jendral Sudirman.
Kemudian dilanjutkan dengan pemberangkatan menuju Panggul.

Sesampainya di perbatasan Desa Cakul dan Panggul, rombongan napak tilas sudah di sambut oleh Unit patroli Sabhara Polsek Panggul untuk bergantian kawalan menuju ke finish.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., menuturkan kegiatan napak tilas PB Jendral Sudirman merupakan suatu cara untuk menggugah patriotisme khususnya bagi generasi muda, ungkapnya.

“Semoga kegiatan ini semakin terpatri dikalangan muda untuk dijadikan tonggak semangat Nasionalisme bahwasanya dalam merengkuh Kemerdekaan tidaklah mudah, karena harus ditempuh dengan bergerilya melawan penjajah”. Pungkas AKP Tri Basuki.