Satlantas Polres Trenggalek Bekali Balantas Banser Wawasan Tertib Berlalu Lintas

Polres Trenggalek – Jajaran Satlantas Polres Trenggelek memberikan pembekalan tentang etika dan peraturan lalu lintas kepada puluhan anggota Satuan Khusus Banser Lalu Lintas atau yang dikenal dengan Balantas Trenggalek. Sabtu (28/7)

Dalam acara yang digelar di SMK Islam 1 Durenan tersebut, bertindak selaku instruktur adalah Kanitdikyasa Iptu Agustyo didampingi oleh beberapa anggota Satlantas. Beberapa materi yang diberikan antara lain peraturan perundang-undangan lalu lintas, etika berlalu lintas serta gerakan pengaturan lalu lintas.

Keberadaan Balantas ini, menurut Iptu Agustyo sangat membantu tugas-tugas Kepolisian khususnya bidang lalu lintas dimana sering kali banyak kegiatan masyarakat yang menggunakan akses jalan maupun transportasi yang tidak tercover mengingat keterbatasan jumlah personel Polri. Sehingga dengan adanya Balantas dapat diturunkan membantu pengaturan hingga sosialiasi tertib berlalu lintas.

“Itu sebabnya, kami berikan pembekalan dengan cakupan materi cukup luas dan komprehensif sehingga anggota Balantas ini dapat memahami tugas dan batasan kewenangannya” Jelas Iptu Agustyo

Masih kata Iptu Agustyo, pengetahuan tentang lalu lintas ini menjadi sangat penting dimana Balantas ini merupakan satuan khusus Banser yang ruang lingkup tugasnya bersinggungan langsung dengan lalulintas dan angkutan jalan.

“Harus dipahami dulu bahwa tertib berlalu lintas dimulai dari diri sendiri. Mereka harus tertib dulu, paham tentang aturan lalu lintas. Jadi setelah Diklat ini selesai tidak ada lagi anggota Balantas yang justru melanggar aturan lalu lintas” Tegasnya

Selain materi kelas, Iptu Agustyo juga melatih 12 gerakan lalu lintas. Meskipun cuaca cukup terik, puluhan peserta Diklat ini nampak semangat mengikuti instruksi yang dipandu oleh Iptu Agustyo. Mulai dari gerekan stop hingga menjalankan kendaraan.

Sebagai informasi, Balantas merupakan salah satu dari 6 satuan khusus yang dimiliki oleh Banser dimana tugas dan fungsinya adalah penanganan peristiwa lalu lintas dan transportasi jalan, serta pengurangan risiko kecelakaan, guna terwujudnya kelancaran dan ketertiban berlalu lintas. Balantas ini sudah dibentuk ditingkat pusat hingga desa.