Amankan Labuh Laut di Pantai Prigi, Polres Trenggalek Turunkan 1 SSK Personel

Polres Trenggalek – Upacara adat sembonyo atau yang lebih dikenal masyarakat pesisir dengan sebutan sembonyo di pantai prigi kecamatan Watulimo berlangsung meriah. Tak hanya warga sekitar, ribuan warga lainnya dari berbagai pelosok nampak berjubel ikut menyaksikan prosesi adat tahunan tersebut. Minggu (29/07)

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. juga terlihat hadir dikursi undangan bersama dengan beberapa pejabat instansi lainnya.

Acara diawali dengan arak-arakan buceng atau sesaji yang diberangkatkan dari kantor Kecamatan Watulimo menuju lokasi upacara adat tepatnya di area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Prigi. Buceng berupa tumpeng ukuran raksasa tersebut diarak oleh warga yang menggunakan pakaian adat jawa untuk kemudian dibawa ketengah laut dengan cara ditarik menggunakan perahu.

AKBP Didit menuturkan, upacara adat sembonyo merupakan kearifan lokal yang harus dilestarikan sebagai bagian dari kasanah budaya nusantara. Selain itu, sembonyo juga mampu menyedot jumlah wisatawan hingga luar kota yang notabene akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

“Kalau dilihat kasat mata peningkatan wisatawan cukup signifikan. Parkir penuh, warung-warung juga cukup ramai.” Ucap AKBP Didit

Guna mendukung suksesnya acara sekaligus mengantisipasi kerawanan, Polres Trenggalek bersama dengan Polsek Watulimo telah menyusun rencana pengamanan yang melibatkan semua elemen masyarakat.

“Kami turunkan 1 SSK dari Polres dan 1 SST dari Polsek di bawah kendali Kapolsek Watulimo.” Ujar AKBP Didit

“Keseluruhan personel dibagi menjadi unit-unit kecil dengan pembagian tugas yang jelas. Mulai dari pengamanan lokasi, rute hingga lokasi wisata lainnya.” Pungkas AKBP Didit