Kupas Makna Wayang Dalam Acara Bersih Desa

Polres Trenggalek – Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, S.H. bersama anggota melakukan pengaman kegiatan pertunjukan wayang dalam acara bersih desa di halaman balai desa Bendoagung pada sabtu malam 28 Juli 2018 pukul 20.00 wib. Minggu (29/07/2018).

Pertunjukan wayang kulit yang digelar di halaman balai desa Bendoagung berjalan ramai dan meriah dengan dalang H. Sukron Suwondo dari Blitar, sebelum acara wayang kulit dimulai terlebih dahulu di bacakan ringkasan sejarah desa Bendoagung.

Pertunjukkan wayang kulit dengan lakon tertentu yang menyertai upacara bersih desa memiliki dua keterkaitan, yaitu kaitan spiritual dan kaitan sosial. Kaitan spiritual, yaitu pertunjukkan wayang kulit dengan lakon tertentu merupakan sarana upacara untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan kaitan sosial yaitu sebagai sarana untuk memperkokoh jaringan sosial, kesetiakawanan sosial, solidaritas sosial, yang pada gilirannya akan memperkokoh rasa persaudaraan sesama warga masyarakat.

Terjadinya perbedaan pemilihan lakon pada masing-masing daerah, disebabkan karena setiap penyelenggara bersih desa memiliki tujuan dan/ atau penafsiran terhadap makna simbolis lakon yang berbeda-beda pula. Hal ini didasari atas tradisi yang telah berlangsung secara turun temurun, sehingga tujuan dan/atau penafsiran terhadap makna simbolis lakon hanya berlaku pada masyarakat pendukungnya.

“Makna pertunjukkan wayang kulit terdapat pada lakon yang disajikan, baik lakon wahyu maupun lakon Baratayuda. Lakon Wahyu memberikan tuntunan, tontonan, dan tatanan dalam masyarakat. Karena dalam lakon tersebut, berisikan nilai-nilai yang memperkaya pengalaman jiwa yang tidak lepas dari nilai kemanusiaan, Ketuhanan, keadilan, tapa brata, keagungan dan sebagainya. Serta tidak lupa saya menyampaikan agar warga desa Bendoagung selalu waspada dan budaya tamu 1×24 jam harus dilaporkan ke RT dan RW setempat guna menghindari kejadian terorisme dan radikalisme.” Ujar Iptu Anwar, S.H. Kapolsek Kampak Polres Trenggalek.