Patroli Polisi Sambangi Giat Persami SMK Negeri 1 Suruh

Polres Trenggalek – Kepolisian sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dituntut untuk selalu hadir di tengah tengah masyarakat, kehadiran Polisi didalam setiap kegiatan masyarakat membuktikan bahwa Negara juga telah hadir untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga masyarakat.

Guna untuk memberikan jaminan keamanan dan ketertiban pada masyarakat, pada malam ini Sabtu (28/07) empat personil dari Polsek Suruh Polres Trenggalek yang dipimpin oleh Ps Kanit Bimas Aiptu Sukono, menjalin sinergi kamtibmas yang dinamis, konsisten dan humanis dengan melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat berupa persami oleh siswa dan siswi SMK Negeri 1 Suruh bertempat di halaman SMK Negeri 1 Suruh.

Dalam kesempatan itu, Ps Kanit Binmas Polsek Suruh Polres Trenggalek Aiptu Sukono berpesan kepada peserta Persami dan para pembina Pramuka untuk dapat meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan serta diharapkan dapat lebih kreatif, dengan selalu memperbarui pengetahuan sehingga anggota merasa bangga dizamannya tanpa melupakan prinsip dan dasar pramuka.

“Tantangan yang dihadapi kaum muda saat ini semakin memprihatinkan, baik dari sisi sosial, ekonomi, budaya dan politik, berbagai persoalan muncul, antara lain, rendahnya solidaritas sosial yang berdampak pada pudarnya rasa nasionalisme bangsa,” kata Aiptu Sukono.

Ia juga mengatakan bahwa kaum muda harus diselamatkan dari cengkraman berbagai persoalan dan masalah seperti pengaruh pengaruh negatif yang bisa membawa dan menyeret kedalam pergaulan bebas, narkoba, kenakalan remaja maupun permasalahan hukum lainnya, untuk itu dengan kegiatan Pramuka ini memiliki peran penting ditengah konflik sosial yang marak terjadi di masyarakat, gerakan Pramuka di harapkan mampu membentuk karakter kaum muda sebagai bekal hidup menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Mari kita jadikan giat Pramuka ini sebagai momentum dalam mencegah berbagai hal yang negatif yang bisa merusak masa depan generasi penerus bangsa,” pungkas Aiptu Sukono.

Sementara itu Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH saat dikonfirmasi ditempat terpisah mengatakan bahwa telah mengintruksikan jajarannya untuk memberikan giat pengamanan kepada para peserta Pramuka yang sedang melaksanakan kegiatan persami supaya kegiatan dan tujuan dari pramuka dapat tercapai dan terlaksana.

“Sebagaimana di maksut dalam UU No. 12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka, yang bertujuan untuk membentuk setiap anggota pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman bertaqwa, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai bela Negara, dan memiliki kecakapan hidup sebagai Kader Bangsa dalam menjaga Kesatuan dan Persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang AKP H Yasir.