Sterilisasi Gereja Wujud Pelayanan Keamanan dan Kekhususkan Dalam Beribadah

Polres Trenggalek – Patroli Polsek Kampak Polres Trenggalek yang dipimpin Bripka Hariyanto, S.H. melakukan sterilisasi dan pengamanan kegiatan keagamanan di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) pepathan Kampak, wujud dari toleransi antar umat beragama dan Bhineka Tunggal Ika. Minggu (29/07/2018).

Toleransi beragama berarti saling menghormati dan berlapang dada terhadap pemeluk agama lain, tidak memaksa mereka mengikuti agamanya dan tidak mencampuri urusan agama masing-masing. Umat Islam diperbolehkan bekerja sama dengan pemeluk agama lain dalam aspek ekonomi, sosial dan urusan duniawi lainnya.

Dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan dalam masyarakat maka diperlukan sikap saling menghormati dan menghargai. Sehingga, gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan pertikaian dapat dihindari. Selain itu, masyarakat juga dituntut untuk saling menjaga hak dan kewajiban diantara satu sama lain.

Adanya umat beragama lain di Republik ini dan bisa beribadah dengan tenang selama ratusan tahun adalah bukti kongkrit bahwa umat Islam menghormati mereka.

“Marilah sama-sama kita menghormati dan menghargai satu sama lainnya. Dan satu hal yang sangat penting, jangan mudah terprovokasi atau terpancing oleh adu domba yang memecah belah kesatuan dan persatuan di antara kita.” Ujar Bripka Hariyanto, S.H. anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek.

Kegiatan pengamanan dan sterilisasi gereja tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan anggota Polsek Kampak dalam menjamin dan menjaga ketenangan dalam beribadah umat beragama.