Lakukan Pengecekan Surat Bukti Kepemilikan Sepeda Motor Pada Penjualnya

Polres Trenggalek – Kunjungan yang dilaksanakan Kanit Reskrim Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Subagyo, S.H., kerumah Gito, ( Rt /31 ), ( Rw/03 ), dusun Ngremang desa Tanggaran tempat penjualan sepeda motor bekas dan baru, Pada minggu ( 29/07 ). Di lokasi usaha yang dilaksanakan, Adanya penyampaian terkait kewaspadaan terhadap barang yang diterima. Supaya dipastikan adanya sepeda motor yang dijual dari penjualnya terhindar dari hasil kejahatan atau motor bermasalah dalam kredit.

 

Karena tidak menutup kemungkinan, adanya pelaku kejahatan setelah melakukan kejahatanya dan didorong kebutuhan uang yang singkat menjualnya ke pedagang sepeda motor dengan harga murah. Disisi lain pembeli merasa akan mendapatkan untung dari hasil transaksinya dengan harga murah dan terjual dengan harga tinggi,baru akan merasa rugi bila sudah terungkapnya kejadian kejahatan yang dilakukan begitu juga dengan pembeli yang menggunakan hasil kejahatan untuk dijualnya kembali.

 

“Kejahatan dalam bentuk pencurian terhadap harta benda, misalnya video,
televisi, radio maupun sepeda motor, tidak akan dapat tumbuh subur apabila tidak ada yang mau menampung dan menyalurkan hasil curian itu,” kata Kanit Reskrim Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Subagyo.

 

 

Benda-benda curian itu tidak
mungkin untuk selalu dimiliki atau disimpan sendiri. Hal ini karena pertama akan menimbulkan kecurigaan pihak lain yang mengetahui adanya benda baru yang mahal dirumah pelaku, dan kedua, memudahkan untuk menemukan alat bukti dalam rangka
meyakinkan bahwa suatu tindak pidana betul-betul telah terjadi.

 

 

Adanya penadah sebagai penampung hasil kejahatan pencurian sepeda motor
memberikan kemudahan bagi si pelaku untuk memperoleh keuntungan. Jadi pelaku pencurian tidak harus menjual sendiri hasil curiannya langsung ke konsumen, tetapi dapat ia salurkan yang berkedok sebagai pedagang.

 

Oleh karena itu untuk menanggulangi
pencurian sepeda motor yang semakin meningkat, salah satu tindakan yang perlu dilakukan adalah menindak tegas para penadah hasil pencurian sepeda motor dan bagi pelaku usaha sepeda motor harus jeli dalam menanyakan surat-surat yang melengkapi penjualan sepeda motor.