Ipda Sanusi: Kita Aplikasikan Gerakan Pedang Pora Dalam Kegiatan Drum Band

Polres Trenggalek – Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi, S. H., saat mendampingi pelatihan drum band di SMP Negeri 1 Pule, Jum’at ( 10/08 ). Kegiatan yang dilaksanakan menindak lanjuti adanya pemberitahuan dan permohonan pelatih dari Polsek Pule yang disampaikan beberapa waktu yang lalu, guna melatih gerakan pedang pora bagi anak -anak SMP yang akan mengikuti kegiatan PHBN di kecamatan Pule.

 

Menurut penyampaian Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi, Pedang Pora sendiri berasal dari kata Pedang Pura atau Gapura Pedang yang maksudnya adalah tradisi pernikahan bagi perwira militer. Prosesi itu dilaksanakan dalam rangka melepas masa lajang perwira yang diiringi dengan rangkaian pedang berbentuk gapura. Dengan kata lain itu merupakan sebuah penghormatan bagi perwira yang akan memulai hidup baru dalam bahtera rumah tangga.

 

Dalam pelaksanaan latihan tidak seperti gapura, akan tetapi diaplikasikan dengan barisan yang berjalan. Cuma dalam pelaksanaanya seperti dalam melakukan kegiatan pedang pora, dan juga peralatanya digantikan dengan bendera agar lebih bagus dan memiliki gerakan alan kemiliteran.

 

 

” Kita berikan materi gerakan pedang pora sesuai permintaan dari pihak panitia SMP 1 Pule, kepada anak -anak Peserta drum band yang sebentar lagi akan berunjuk kebolehanya di depan masyarakat saat dalam perjalanan dari start sampai finish, ” Kata Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi saat ditemui di lokasi kegiatan pelatihan.