Polisi Gelar Safari Jum’at Dan Sholat Ghaib Berjamaah

‏Polres Trenggalek – Jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek secara rutin melakukan kegiatan safari Jum’at diwilayah Kecamatan Suruh, guna untuk mensosialiasikan dan membangun kebersamaan serta sinergitas kemitraan antara aparat keamanan dan warga didalam menjaga kondusifitas kamtibmas.

Seperti pada siang ini, Jum’at (10/08) anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek yang dipimpin oleh Kapolsek Suruh AKP H Yasir WSD, SH melaksanakan kegiatan safari jum’at di Masjid Baiturrohman Desa Suruh Kecamatan Suruh.

Usai pelaksanaan Sholat Jum’at Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH mengajak jamaah untuk melakukan Sholat Ghoib yang ditujukan kepada para korban gempa bumi di NTB, dan dalam kesempatan itu Kapolsek Suruh memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas yang antara lain tentang bahaya penyebaran berita bohong (hoax) melalui media sosial yang dapat berpotensi merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami minta kepada seluruh warga untuk tidak mudah percaya dengan adanya informasi negatif yang berseliweran melalui media sosial serta tidak jelas sumber beritanya,” terang AKP H Yasir.

Dia menambahkan, bahwasannya penyebar berita bohong (hoax) dapat dijerat dengan Pasal 28 ayat 1 Undang Undang No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dalam pasal itu disebutkan, setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, dapat diancam dan bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp1 miliar.

“Polri mengingatkan kepada pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan isu demikian tidak melakukan lagi. Peran seluruh masyarakat sangatlah penting dalam pengawasan penggunaan teknologi, khususnya media sosial, kami minta warga dapat menyaring setiap menerima kabar atau berita sebelum menyebarkan kembali berita yang kita terima tersebut,” tambahnya.

“Pada saat ini pentahapan dari Pemilu tahun 2019 telah dimulai, dan dalam pemilu tahun 2019 nanti seluruh warga yang sudah mempunyai hak pilih akan memilih anggota DPRD Tk 2, DPRD Tk 1, DPD dan DPR RI serta memilih Presiden dan Wakil Presiden periode 2019 – 2024, untuk itu kami minta kepada seluruh warga dapat meningkatkan hubungan persaudaraan serta tidak mempermasalahkan adanya perbedaan pilihan, yang paling penting dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019 warga harus dapat menghindari adanya politik uang ataupun isu sara,” pungkasnya.

Usai memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan Kamtibmas personil Polsek Suruh Polres Trenggalek melaksanakan giat silaturahmi dan tatap muka dengan para tokoh agama Desa Suruh sekaligus memberikan cinderamata untuk Masjid Baiturrohman Desa Suruh Kecamatan Suruh.