Antisipasi Kejadian Gangguan Kriminal di Lokasi Unit BRI Pule

Polres Trenggalek – ” Agar penjagaan di setiap malam lebih waspada dalam mencegah terjadinya gangguan kriminal, upayakan selalu mengontrol lokasi yang menjadi tempat penjagaan aman, ” Kata Aiptu Joko Nurhadi personel Polsek Pule Polres Trenggalek kepada Satpam, saat kegiatan patroli dialogis Sabtu ( 11/08). ” Dan antisipasi pengunjung yang datang mengambil uang di mesin ATM bila mencurigakan laporkan ke Polsek Pule, ” tambahnya.

 

Masalah keamanan merupakan tanggung jawab kita semua, kita harus bisa mencegah kejadian Curanmor di wilayah terutama di wilayah dengan dilakukan bersama -sama warga dan aparat, semua harus dapat mencegah adanya gangguan kejahatan pencurian yang biasa dilakukan pada malam hari dengan pencurian pemberatanya.

 

Lanjut dalam dialogis Personel Polsek Pule Polres Trenggalek, masalah pencurian kendaraan bermotor merupakan jenis kejahatan yang selalu menimbulkan gangguan dan ketertiban masyarakat. Kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang sering disebut curanmor ini merupakan perbuatan yang melanggar hukum dan diatur dalam KUHP. Obyek kejahatan curanmor adalah kendaraan bermotor itu sendiri. Kendaraan bermotor adalah sesuatu yang merupakan kendaraan yang menggunakan mesin atau motor untuk menjalankannya.

 

“Kendaraan bermotor yang paling sering menjadi sasaran kejahatan curanmor roda dua yaitu sepeda motor dan kendaraan bermotor roda empat yaitu mobil pribadi,” KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko menambahkan.

 

Apabila dikaitkan dengan unsur 362 KUHP maka kejahatan curanmor adalah perbuatan pelaku kejahatan dengan mengambil suatu barang berupa kendaraan bermotor yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain dengan maksud untuk memiliki kendaraan bermotor tersebut secara melawan hukum.

 

Kejahatan curanmor sebagai tindak pidana yang diatur dalam KUHP tidak hanya terkait denga pasal pencurian saja dalam KUHP. Kejahatan curanmor juga memiliki keterikatan dengan pasal tindak pidana penadahan.