Anggota Polsek Pogalan Beri Himbauan Kepada Pedagang Bunga untuk Antisipasi Uang Palsu

Polres Treggalek – Untuk mengantisipasi peredaran uang palsu yang telah banyak terjadi di berbagai daerah dan para pengedar upal biasanya akan menyasar lokasi-lokasi perbelanjaan yang tidak dilengkapi alat deteksi uang palsu.

Anggota Polsek Pogalan Polres Trenggalek melaksanakan sambang dialogis dengan pedagang buga di Dusun Blengok Kecamatan Pogalan Kabupaten Treggalek. Sabtu (08/09) siang.

Dalam kesempatan itu, Anggota Polsek Pogalan melakukan dialogis dengan seorang penjual bunga agar selalu waspada bila menerima uang bayaran dalam nominal besar.

“Selalu teliti kembali uang itu, jangan mudah percaya dengan pembeli, karena pedagang kecil sering menjadi korban para pelaku kejahatan ini,” ucap anggota Polsek Pogalan Bripka Nurodin.

Menurut Bripka Nurodin sebagai bentuk pencegahan agar tidak tertipu, baik penjual maupun pembeli dapat berhati-hati dan lebih teliti dalam menerima uang dari berbagai transaksi khususnya uang kertas.

“Periksalah uang secara teliti dengan metode 3D, yakni dilihat, diraba dan diterawang untuk membedakan antara uang asli atau uang palsu,” katanya.

Kapolsek Pogalan Polres Treggalek AKP Warjito, S.H., mengatakan meskipun hingga saat ini masih belum ada laporan dari masyarakat terkait peredaran uang palsu, namun ia telah menginstruksikan kepada anggota untuk terus waspada dan memantau kemungkinan adanya peredaran uang palsu. Khususnya, di tempat-tempat yang rawan terjadinya peredaran uang palsu.

“Kita juga meminta kepada warga yang mencurigai atau menemukan uang palsu dapat segera melaporkannya kepada petugas, agar bisa cepat ditanggulangi dan menangkap pelaku pengedarnya,” pugkas AKP Warjito.