Larangan Adanya Angkutan Bak Terbuka Mengangkut Orang

Polres Trenggalek – Sabtu ( 08/09 ), larangan mobil bak terbuka mengangkut orang disampaikan personel Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho saat berada di lokasi pasaran legi di tengah-tengah adanya mobil Pick Up yang menunggu barang dagangan yang akan di bawa. Mobil tersebut kerap digunakan masyarakat maupun  pedagang dengan tujuan berbagai pengangkut barang dagangan dari rumah sampai pasar di wilayah Pule.

 

“Kami akan terus melakukan imbauan untuk melarang bak terbuka digunakan mengangkut orang maupun rombongan warga lainnya. Karena menggunakan bak terbuka sangat berbahaya buat mereka,” kata Personel Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho dilokasi.

 

larangan ini disampaikan karena sudah banyak kecelakaan gara-gara mobil tersebut mangangkut orang. Menurutnya kendaraan bak terbuka berbahaya bagi kesalamatan penumpang, dan tidak sesuai dengan kegunaan dan fungsi dari kendaraan tersebut.

 

Apabila larangan tersebut tidak diindahkan, petugas akan memberikan sanksi tegas terhadap pengemudi kenderaan tersebut, Larangan mobil pikap di gunakan mengangkut orang sudah tertuang dalam Pasal 303 dan UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Dalam pasal 303 telah di atur dimana setiap orang yang mengemudikan mobil barang untuk mengangkut orang sebagaimana di maksud pasal 137 ayat (4) huruf a, hruf b dan huruf c, bisa di pidanakan dengan kurungan paling lama satu bulan, atau denda sebanyak Rp 250 ribu.