Peduli Kebersihan Lingkungan, Siswa Siswi Sekolah, Masyarakat dan Muspika Bersih Bersih Pasar Agro

Polres Trenggalek – Muspika Kecamatan Kampak bersama masyarakat dan siswa siswi sekolah melakukan kegiatan bakti sosial berupa kerja bakti membersihkan sampah di seputaran pasar agro desa Bendoagung Kampak Trenggalek. Minggu (09/09/2018).

Status kesehatan suatu populasi sangat ditentukan oleh kondisi kebersihan tempat-tempat dimana orang banyak beraktivitas setiap harinya. Pasar adalah salah satu tempat dimana orang banyak beraktivitas memenuhi kebutuhannya, dapat menjadi alur utama penyebaran berbagai penyakit, bila tidak dikelola dengan baik. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain Diare, Kolera, SARS dan Avian Influenza.

Kegiatan kerja bakti ini dilakukan mengingat pasar merupakan tempat aktifitas masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli baik itu berupa bahan makanan, sayuran, maupun bahan pokok lainnya. Tidak dipungkiri setiap transaksi dipasar selalu identik dengan bau yang tidak sedap dan serakan sampah berupa plastik dan sayur mayur yang busuk dan tidak terpakai.

Dengan semangat menciptakan lingkungan pasar yang bersih dan sehat dari penyakit akibat tumpukan sampah, maka Muspika Kecamatan Kampak bersama sama siswa siswi dari SMP Islam, anggota Paskibraka, Banser, dan anggota Polsek Kampak melakukan apel gabungan bertempat dipasar agro dipimpin langsung oleh Camat Kampak Drs. Hariyadi, dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 153 orang.

Dalam kegiatan tersebut Wakapolsek Kampak Ipda Suswanto, S.H. bersama beberapa anggota ikut melaksanakan kerja bakti mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar pasar agro, dengan berbekal sapu lidi dan kresek besar berwarna hitam para anggota Polsek Kampak memungut satu persatu sampah yang ditemui.

“Manfaat atau keuntungan adanya pasar sehat antara lain : meningkatkan kuantitas dan kualitas penjualan; lingkungan kerja yang lebih sehat; menurunnya angka penyakit yang disebabkan pangan; akses memperoleh pangan yang lebih aman dan bergizi; terciptanya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); meningkatnya pendapatan daerah; dan meningkatnya hubungan kerjasama antara para pedagang, pembeli dan pengelola.” Ujar Camat Kampak Kabupaten Trenggalek Drs. Hariyadi.