Polsek Gandusari Pengamanan Ronda The Thek Di Desa Jajar

Polres Trenggalek – Kapolsek Gandusari AKP Rohadi S.H bersama Wapolsek Gandusari, para kanit dan anggota serta Biabinkamtibmas Desa Jajar Aipda Busyairi Muklis S.H, telah menghadiri dan melaksanakan pengamanan kegiatan Ronda the thek dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI Ke 73 yang bertempat di lapangan Desa Jajar, Kecamatan Gandusari, Trenggalek, sabtu (08/09/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Muspika Gandusari, Kepala desa dan perangkat desa jajar, Karang taruna deja jajar, Bhabinkamtibmas desa jajar, ketua BPD desa jajar dan nggota, Tokoh masyarakat ,tokoh agama, tokoh pemuda desa jajar, dan para peserta kegiatan roda the thek serta para pengunjung yang berjumlah sekitar 1500 orang.

Pembukaan/ sambutann oleh ketua panitia saudara Sudarman,S.Pd, yaitu mengucapkan salam dan terima kasih kepada segenap undangan yang hadir. Menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta yang hadir dan berpartisipasi dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke- 73. Kegiatan pagelaran seni ronda the thek ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan mulai tahun 2015 yang lalu dimana untuk 2 tahun yang lalu pelaksanaan dalam bentuk pawai dan sekarang dilaksanakan dan di kemas dalam wadah pentas di panggung. Menyampaikan bahwa anggaran yang di peroleh dari desa.

Sambutan Kepala Desa Jajar yaitu menyampaikan salam dan terima kasih kepada segenap muspika dan undangan yang hadir dalam rangka mensukseskan kegiatan tersebut serta pihak keamanan dalam hal ini polsek gandusari dan koramil sehingga pelaksanaan dapat berjalan aman lancar. Menyampaikan bahwa kegiatan pagelaran seni ronda the thek periode tahun ini di laksanakan dalam nuansa yang berbeda yang dahulu dilaksanakan melalui pawai, dan saat ini dilaksanakan dengan bentuk pentas di panggung. Menyampaikan bahwa pelaksanaan pagelaran seni ini dilaksanakan selama du malam yaitu hari malam minggu dan malam senin, karena di wilayah desa jajar terdapat 20 RT yang mana setiap RT ikut berpartisipasi dalam rangka memeriahkan HUT RI tersebut. Berpesan kepada masyarakat desa jajar agar menjaga wilayah desa jajar supaya tetap aman dan kondusif dan acara dapat berjalan dari awal sampai akhir dalam keadaan aman dan kondusif.

Sambutan bapak camat Gandusari. Menyampaikan salam dan ucapan terimakasih kepada segenap panitia dan pemerintah desa jajar yang telah mengundang muspika dalam acara tersebut. Menyampaikan bahwa acara pagelaran ronda thethek merupakan budaya jawa yang harus tetap di jaga dan dilestarikan karena mempunyai tujuan positif dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Sambutan Kapolsek Gandusari yaitu menyampaikan ucapan salam dan terima kasih kepada pemerintah desa jajar dan segenap panitia pelaksana. Kemudian menyampaikan sebagai berikut “kami mengharapkan kepada warga masyatakat desa jajar agar selalu menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayahnya dan jangan mudah terprofokasi untuk melakukan kegiatan yang sifatnya anarkhis/ perkelahian, supaya dapat tercipta situasi desa jajar yang aman kondusif ” ujar AKP Rohadi Kapolsek Gandusari.

Sambutan Danramil Gandusari menyampaikan ucapan salam dan terima kasih kepada pemerintah desa jajar dan panitia atas undangan yang di berikan. Menyampaikan bahwa ronda the thek adalah sangat penting untuk di aktifkan kembali tidak hanya pada saat pentas saja, akan tetapi di laksanakan di lingkunganya masing masing hal tersebut untuk mengetahui apabila ada sesuatu hal yang membahayakan akan mudah di informasikan kepada warga masyarakat yang lain, sebagai contoh wilayah desa jajar yang rawan banjir, dengan adanya siskamling akan mudah di ketahui apabila ada bencana datang dengan cara memukul kentongan tanda bahaya banjir untuk membangunkan dan memberi tahu warga masyarakat.