Pengamanan Malam Suroan, Wakapolres Trenggalek Tekankan Tindakan Preventif Humanis

Polres Trenggalek – Menjelang malam pergantian tahun baru Islam satu Muharram 1440 H, Polres Trenggalek dan jajaran all out melakukan pengamanan. Seperti biasa, satu Muharram yang oleh masyarakat Jawa disebut juga satu Suro, aktivitas masyarakat cenderung meningkat. Peningkatan ini tentu berdampak pula pada meningkatnya tingkat kerawanan dan gangguan Kamtibmas.

Guna memastikan situasi Kamtibmas di Kabupaten Trenggalek kondusif, jajaran Kepolisian Trenggalek menggelar apel siaga di masing-masing satuan. Senin (10/9)

Di tingkat Polres, apel dipimpin langsung oleh Wakapolres Kompol Agung Setyono, S.S. didampingi pejabat utama dan diikuti oleh seluruh personel tanpa kecuali.

“Status kita tingkatkan menjadi Siaga 2. Seluruh personel dilarang meninggalkan wilayah dan ready for use saat dibutuhkan mengingat kegiatan masyarakat cukup padat khususnya perguruan pencak silat maupun kegiatan masyarakat lainnya” Jelas Kompol Agung

Apel tersebut, masih kata Kompol Agung digelar secara serentak dari tingkat Polres hingga Polsek jajaran. Tak hanya personel Kepolisian, pengamanan juga melibatkan unsur TNI dan instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Agung menuturkan personel yang terlibat pengamanan di bagi menjadi dua pasukan yang ditempatkan di dua titik yakni Durenan dan Tugu. Dua titik tersebut merupakan pintu masuk kota Trenggalek yang memerlukan perhatian lebih.

“Patroli skala besar dan melaksanakan tindakan kepolisian terukur, selektif prioritas. Sedangkan sisanya stanby dan patroli mobile pada titik-titik rawan” Imbuhnya

“Cara bertindak yang diterapkan adalah bersifat pencegahan atau preventif dengan mengedepankan sikap humanis.” Pungkasnya