Polisi Hadir Ditengah Tengah Kontes Kambing Etawa

Polres Trenggalek – Dalam rangka untuk meningkatkan populasi ternak kambing PE atau Kambing Ettawa, Himpunan peternak domba kambing Indonesia bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek, pada hari ini Minggu (09/09) menggelar kontes kambing PE atau kambing ettawa yang diadakan di Halaman Kantor Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek.

Acara kontes kambing PE atau kambing etawa ini diikuti tidak kurang dari seratus ekor kambing dari seluruh Kabupaten Trenggalek serta perwakilan dari Kabupaten tetangga, adapun kelas yang lombakan terdiri dari berbagai kategori, mulai dari kategori kelas pejantan unggul dan calon pejantan, kelas induk unggulan dan calon induk, sedangkan kriteria penilaian terdiri dari postur tubuh, panjang telinga, warna bulu, bentuk kepala, ekor, leher, kaki dan tanduk.

Ketua panitia yang juga Kepala Desa Ngrandu Suparni, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa kontes ternak ini sebagai sarana dan evaluasi tingkat keberhasilan dari para peternak kambing PE atau ettawa, dan kontes ini sekaligus untuk mengukur komunikasi peternak dan pembina di tiap kecamatan se Kabupaten Trenggalek.

“Kontes ini jangan hanya sekedar kontes, akan tetapi bisa menghasilkan unggulan-unggulan ternak yang bisa dibudidayakan oleh para peternak dan syukur syukur setelah adanya kontes ini bisa menghasilkan ternak yang unggul dan bisa mencukupi kebutuhan nasional,” ujar Suparni.

Untuk mengamankan jalannya kontes tersebut, Polsek Suruh Polres Trenggalek menerjunkan delapan personil yang dipimpin oleh Kanit Sabhara Ipda Siswanto serta telah diploting dan ditempatkan sesuai dengan tingkat kerawanan.

Dalam kesempatan itu, Kanit Sabhara Polsek Suruh Polres Trenggalek Ipda Siswanto menjelaskan bahwa dengan dilaksanakannya kontes ini para peternak dapat lebih semangat serta dapat memiliki daya saing sehingga mampu untuk meningkatkan kesejahteraan dari warga, yang pada akhirnya akan terpeliharanya kondusifitas kamtibmas.

“Kami berharap seluruh warga dapat bersinergi dengan aparat keamanan didalam menjaga kondusifitas kamtibmas serta kami minta untuk warga tidak akan sungkan segera menghubungi Polsek Suruh Polres Trenggalek bila mengetahui, melihat dan mendengar adanya sesuatu hal yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas diwilayah Kecamatan Suruh,” pungkas Ipda Siswanto.