Polsek Dongko Gelar Apel Kesiapsiagaan Dalam Rangka Malam 1 Suro

Polres Trenggalek – Bertempat di halaman markas komando Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek dilaksanakan apel kesiapan dalam rangka pengamanan malam 1 Muharam 1440 H atau malam 1 Suro. Selasa (11/09)

Terlihat apel kesiapsiagaan kali ini di pimpin Wakapolsek Dongko Ipda Susila Basuki dan diikuti oleh 18 personil.

“Tolong dalam pelaksanaan kegiatan malam hari ini semuanya saja agar meningkatkan kewaspadaan / jaga diri baik-baik serta bertindak sesuai dengan standar operasional prosedur. Mengingat kegiatan selanjutnya masih banyak, maka jaga kesehatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab”. Ucap Ipda Susila Basuki mengingatkan para peserta apel.

Setelah arahan selesai dilanjutkan pembagaian tugas serta pergeseran pasukan ke tempat tugas masing masing seperti penggal jalan ataupun patroli mobiling serta tugas pengamanan ditempat tempat yang dijadikan pusat kegiatan msyarakat malam 1 Suro.

Saat ditemui usai kegiatan apel, Wakapolsek Dongko Polres Trenggalek Ipda Susila Basuki mengatakan apel ini harus dilaksanakan guna mengecek kekuatan dan kelengkapan anggota sesuai dengan surat perintah tugas. Ujarnya.

Sementara dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., membenarkan apa yang telah di lakukan Wakapolsek yakni mengambil pelaksanaan apel guna mengetahui kekuatan personil pada siaga malam hari ini.

Lebih lanjut AKP Tri Basuki,S.H., menuturkan bahwasanya budaya dan tradisi masyarakat di jawa pada umumnya dan khusus di wilayah Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek dalam menyambut datangnya 1 Suro / 1 Muharam, mengadakan ritual doa diantaranya adalah melekan (tidak tidur semalaman), yang konon katanya agar tetap sehat ataupu awet muda. Tuturnya.

“Maka dari itu kami Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek akan selalu siap memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni senantiasa memelihara keamanan dan ketertiban demi terciptanya kelancaran tradisi ritual tersebut.” Imbuh AKP Tri Basuki.

Diharapkan pengamanan dan patroli yang dilakukan oleh personil dapat mencegah aksi yang mengganggu kamtibmas  serta dapat meminimalisir terjadinya tindak krimaniltas khususnya pada malam hari, sekaligus mempersempit ruang gerak pelaku tindak kriminalitas khususnya pelaku kejahatan. Pungkas Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki.