Waspada Bila Menjumpai Permasalahan Saat Ambil Uang di Mesin ATM

Polres Trenggalek – Menyampaikan pesan kepada nasabah Bank yang sedang mengambil uang  di Anjungan Tunai Mandiri ( ATM) Unit BRI Pule dalam mengingatkan jangan sampai kena penipuan saat mengambil di mesin ATM, karena banyak kejadian korban yang mengambil uang kemudian tidak bisa memasukan kartu ATM -nya yang kemudian menghubungi nomor telepon tidak lain jaringan pelaku penipuan yang sudah menyiapkan cara menipu korbanya. Dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto saat melakukan kegiatan patroli malam bersama Aiptu Sopyan , Selasa ( 11/09 ).

” Apabila mendapatkan atau menjumpai permasalahan terkait pengambilan uang dimesin ATM yang tidak bisa dijalankan, utamakan bertanya kepada petugas securyti yang ada. Jangan menghubungi ke nomor telepon yang biasanya sudah terpasang disekitar mesin ATM pada waktu mesin ATM di kira trouble, ” Kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Sarwanto kepada seorang lelaki yang akan mengambil uang di mesin ATM.
Modus kejahatan penipuan melalui mesin ATM yang disangka oleh korban mesin mengalami kerusakan dan menyuruh menghubungi nomor telepon, merupakan modus pelaku kejahatan yang pernah terungkap sindikatnya. sebenarnya mesin ATM yang dikira rusak dari yang akan mengambil uang tidak bisa dimasukan ke mesin ATM, disebabkan adanya praktek kejahatan dengan menghalangi kartu yang masuk dengan batang korek api yang telah diatur sedemikain sehingga tidak diketahui calon korban penipuan.
Selanjutnya aksinya akan diteruskan oleh pelaku yang berpura -pura menawarkan pertolongan agar bisa mengambil uang dengan memberikan nomor telepon, yang mana nomor tersebut akan berperan sebagai operator mesin ATM dengan memberikan intruksi kepada korban mengenai cara pengambilan uang dan mengganti nomor Pinya. Dengan pergantian nomor Pin yang baru akan merubah Pin yang lama dan sudah menjadi Pin yang dikantongi pelaku kejahatan, dengan begitu uang yang berada direkeningnya bisa diambil bagi yang mengetahui Pin barunya. Waspadalah!