Kapolres Trenggalek Lepas Kirap Satu Negeri GP Ansor NU

Polres Trenggalek – Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. turut hadir bersama Wakil Bupati Trenggalek  H. M. Nur Arifin dan melepas rombongan Kirap Satu Negeri (KSN) GP Ansor/Banser NU di halaman gedung NU Trenggalek. Pelepasan rombongan ditandai dengan penyerahan bendera merah putih kepada ketua rombongan. Kirap KSN akan dilanjutkan menuju kabupaten Ponorogo. Jumat (12/10)

Di konfirmasi terpisah, AKBP Didit menuturkan, Pihaknya sangat mendukung KSN yang bertujuan meneguhkan kembali nilai nasionalisme dan patriotisme yang berakar pada 4 pilar kebangsaan yakni, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Kiprah NU telah tercatat dalam sejarah Indonesia sebagai salah satu bagian perjuangan kemerdekaan Indonesia. Semangat ini lah yang terus digelorakan oleh NU khususnya GP Ansor hingga saat ini.” Tutur AKBP Didit

AKBP Didit berharap, dengan KSN tersebut semangat kebangsaan akan semakin tumbuh berkembang khususnya di kalangan generasi muda mengingat di era milenial seperti sekarang ini banyak kalangan menilai terjadi degradasi pemahaman nilai luhur bangsa Indonesia. Pengaruh negatif globalisasi di tambah rendahnya literasi bisa berdampak pada salah pemahaman yang berujung perpecahan.

“Ancaman terbesar saat ini adalah berita hoax, ujaran kebencian, isu Sara, adu domba yang disebarkan secara masif melalui berbagai platform media sosial dan media daring. Kirab Satu Negeri Ini diharapkan bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik tentang bagaimana mencintai negeri ini dengan mengedepankan nasionalisme, persatuan dan toleransi” Pungkasnya.

KSN di Trenggalek itu sendiri telah berlangsung selama dua hari sejak tanggal 11 Oktober 2018 kemarin, dimana secara estafet dari Tulungagung, rombongan berjumlah puluhan orang dengan membawa panji dan bendera merah putih di terima oleh Bupati di pendopo Kabupaten Trenggalek. Dari Trenggalek rombongan akan bertolak menuju kabupetn Ponorogo dan diperkirakan berakhir tanggal 26 Oktober 2018 di stadion Maguwoharjo Yogyakarta.