Polsek Munjungan : Polisi Sahabat Anak Implementasi Kedekatan Emosional

Polres Trenggalek – Tugas pokok secara rutinitas seorang abdi negara walaupun berada di pinggiran tidak terabaikan sama-sekali. Awal pagi pengabdian dalam pergelaran pelayanan terhadap masyarakat untuk penyebrangan anak sekolah maupun pengaturan arus lalu-lintas di waktu jam-jam sibuk aktifitas warga masyarakat, merupakan makanan pokok pagi hari seluruh pasukan baju coklat di seluruh Indonesia.

Selasa pagi hari 16/10/18, Bripda Frana Muda dengan bersahaja menuju tempat ia di tugaskan untuk melaksanakan pos penggal pagi. Di simpang tiga MTSN munjungan posisi yang mereka tempati, namun ada hal lain sebelum kegiatan pos pagi dilaksanakan sekumpulan anak yang sedang olah raga jalan pagi menghampiri Bripda Frana Muda dengan wajah ceria yang polos menyapa. Bak gayung bersambut kehadiran anak-anak walaupun sebentar, komunikasi serta hubungan emosional terangkum sangat familier antara anak-anak dan polisi. “Dalam situasi apapun kedekatan pada anak oleh para dewasa, bagian dari wujud perhatian dan pengawasan kita semua” ujar Bripda Frana Muda.

Polisi sahabat anak bukanlah istilah yang asing didengar oleh masyarakat, namun momentum kepedulian kepada anak suatu kewajiban yang harus kita bangun terus menerus. Kapolsek Munjungan Polres Trenggalek AKP Totok Sudarto melalui Kanit Binmas menyampaikan “Para polisi desa pengemban fungsi hubungan kemasyarakatan, kontek pengawasan serta perlindungan pada anak harus di jadikan fokus dalam setiap kehadirannya.di desa binaan. (Red/is)