Antisipasi Kenakalan Remaja Juga Penyalahgunaan Narkoba, Kapolsek Karangan Lakukan Binluh di SMAN 1 Karangan

Polres Trenggalek – Maraknya peredaran narkoba dikalangan pelajar menimbulkan keprihatinan bagi seluruh bangsa Indonesia. Pemerintah juga telah mengumumkan bahwa Indonesia saat ini dalam situasi darurat Narkoba. Pelajar adalah aset bangsa, calon pemimpin di masa depan dan penentu kemajuan Negara. Usia yang masih muda sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif yang ingin merusak mental dan masa depan mereka, tentu saja hal ini dipengaruhi pula oleh pola didik orang tua dan juga kondisi lingkungan.

Sebagai aparat penegak hukum, sudah menjadi kewajiban Kepolisian untuk mencegah meluasnya peredaran Narkoba dan timbulnya kenakalan remaja dikalangan pelajar. Menindaklanjuti hal tersebut Kapolsek Karangan AKP Sutrisno,S.H. melakukan Pembinaan dan Penyuluhan kepada Pelajar di SMAN 1 Karangan, Sabtu (10/11).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Karangan menghimbau kepada pelajar untuk dapat menjaga diri dengan baik, tidak ikut-ikutan bila ada temannya yang tawuran terlebih penyalahgunaan obat-obatan terlarang yang dapat merusak mental dan masa depannya. Lebih baik mengisi waktu luang dengan kegiatan positif, seperti mengikuti kegiatan pramuka atau belajar agama untuk membentengi diri dari pengaruh negatif.

Pola didik orang tua sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan mental dan sikap seorang anak apalagi menginjak remaja, sangat diperlukan penanaman nilai dan norma sejak dini. Agar dapat membentuk sikap dan mental seorang anak, sehingga dapat memilah dan memilih mana hal yang perlu ditiru dan yang tidak boleh diikuti.

“Kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan dikalangan pelajar SMA ini merupakan tindakan preventif guna meminimalisir terjadinya kenakalan dan tindakan kriminal yang dilakukan oleh remaja serta untuk menekankan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba, Sex Bebas dan Tawuran antar pelajar,” Ujar Kapolsek Karangan.