Bhabinkamtibmas Selalu Peka Setiap Kegiatan di Desa Binaan,Ikuti Rapat Persiapan Lomba STBM Tingkat Kabupaten

Polres Trenggalek – Dalam rangka persiapan untuk mengikuti Lomba Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), panitia terlebih dahulu mengadakan rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk mempersiapkan segala keperluan untuk mengikuti lomba. Rapat tersebut dilaksanakan di Balai Desa Karangan Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek pukul 08.00wib sampai dengan pukul 10.30wib, Jum’at (09/11).

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Karangan Polsek Karangan Bripka Agus Rizal Wahyudi berkesempatan hadir, selain Bhabinkamtibmas hadir pula Bpk. Mujaini, S.Pd Kasi Kesra Kec. Karangan, Kades Desa Karangan, Dr. Tita Riskana Kepala Puskesmas Karangan, Babinsa Koramil Karangan, Kasun Desa Karangan, Ketua RT Dsn. Pinggirsari Desa Karangan, Petugas dari Puskesmas Karangan, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda dan anggota PKK Desa Karangan.

Dalam sambutannya Kades Karangan menjelaskan bahwa lomba STBM akan dilaksanakan di Dsn. Pinggirsari Desa Karangan pada hari Rabu tanggal 14 November 2018 mulai pukul 08.00wib sampai dengan selesai. Dengan tim penilai STBM dari Kabupaten Trenggalek, untuk itu diminta kesiapan dari seluruh warga Dsn. Pinggirsari.

Sementara itu Tujuan diadakannya Lomba STBM dijelaskan oleh Kepala Puskesmas Karangan Dr. Tita Riskana, “Berdasarkan PerMenkes No.3 tahun 2014 tentang STBM bertujuan untuk mewujudkan masyarakat higienis dan saniter, dengan cara menjaga kesehatan personal maupun kebersihan lingkungan tempat tinggal. Contoh sederhana pola hidup sehat seperti cuci tangan sebelum makan, menutup tempat penyimpanan makanan, membuang sampah pada tempatnya dan menggunakan WC yang layak ketika buang air besar,” terangnya.

Lebih lanjut Dr. Tita mengatakan bahwa kegiatan lomba ini memerlukan kekompakan dan semangat dari warga sehingga dapat menjadi juara, untuk selanjutnya menyatukan tujuan bahwa pola hidup sehat akan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.