Gendam Bisa di Cegah Melalui Kepercayaan Diri Tidak Mudah Percaya

Polres Trenggalek – ” Anda jangan kaget bila ada orang menepuk bahu dari belakang, upayakan untuk biasa dan jangan cepat percaya bila mengatakan yang seakan-akan bisa menjanjikan sesuatu. Itu modus pelaku kejahatan gendam,” kata KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani dengan memeragakan adanya aksi pelaku gendam dengan calon korbanya, saat berpatroli dialogis diseputaran area pasar Pule yang sedang adanya aktifitas hari pasaran, itu pada Rabu ( 5/12 ).

 

Modus pelaku gendam antara lain,apabila ada yang menawarkan minuman atau dalam bentuk promosi barang agar jangan mudah percaya. Mengingat para pelaku kejahatan dengan modus gendam mulai dengan cara -cara seperti itu. Dengan modus menawarkan barang pernah terjadi di wilayah trenggalek agar dimengerti, seperti yang disampaikan KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani.

 

Menurut berbagai sumber yang bisa dipercaya, Gendam adalah suatu ilmu ghaib yang dapat mempengaruhi alam bawah sadar manusia menggunakan kekuatan energi batin spiritual atau metafisika seseorang, sehingga orang yang terkena ilmu gendam seperti kena sihir dan seketika itu juga korban akan menuruti apa saja keinginan si pemilik ilmu gendam.

 

Sebenarnya ilmu gendam merupakan warisan budaya leluhur jawa yang pada awalnya digunakan untuk pengobatan atau untuk mempengaruhi seseorang untuk berbuat kebaikan. Tapi dijaman sekarang ini ilmu gendam lebih cenderung disalah gunakan untuk kejahatan atau untuk yang bersifat merugikan orang lain.