Wakapolsek Dongko Kendalikan Anggota Bersama TNI Lakukan Sterilisasi Dan Pengamanan Syukuran Natal

Polres Trenggalek – Wakil Kepala Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek Ipda Susila Basuki kendalikan anggota TNI dari Koramil Dongko dan anggota pengamanan terbuka serta tertutup.

Hal ini dilakukan dalam rangka melakukan sterilisasi sekaligus pengamanan kegiatan keagamaan yakni syukuran natal memperingati hari raya Natal dan tahun 2018 yang bertempat di Gereja Kristen Abdiel Hosanna Dusun Jajar Desa Dongko Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Minggu (16/12).

Sebelum dimulainya kegiatan syukuran Natal petugas dari Polsek Dongko Wakapolsek Dongko Ipda Susila Basuki bersama anggota pengamanan yang di dampingi pengurus Gereja Abdiel Hosanna saudara Kardi Bonokoyo melakukan cek dan juga sterilisasi untuk periksa segala sudut dan ruang altar di dalam Gereja untuk pastikan semuanya aman.Memasuki kegiatan syukuran Natal sebagai pemimpin acara penggembala gereja Abdiel Hosanna yang diikuti sebanyak 50 jemaat.

Terlihat kegiatan syukuran Natal diawali dengan melantunkan puji-pujian oleh seluruh jemaat kemudian dilanjutkan pemberkatan.

Saat ditemui usai kegiatan Wakapolsek Dongko Ipda Susila Basuki mengatakan, kami selaku petugas harkamtibmas sudah sepantasnya melakukan sterilisasi dan juga pengamanan pada kegiatan di gereja karena hal tersebut merupakan langkah awal melakukan guna mendeteksi sekaligus demi kenyamanan beribadah umat Kristiani.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengantisipasi serta mencegah terjadinya ancaman teror ataupun gangguan kamtibmas di tempat ibadah khususnya di tempat ibadah umat kristiani”, ucap Susila Basuki.

Kardi Bonokoyo sebagai pengurus Gereja Kristen Abdiel Hosanna mengucapkan terimakasih atas bantuan pelayanan dan pengamanan oleh pihak TNI-Polri dari Polsek Dongko dan Koramil Dongko.

Sementara dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., membenarkan apa yang telah di lakukan anggotanya yang bersinergi dengan TNI yakni lakukan sterilisasi sekaligus pengamanan kegiatan keagamaan dari jemaat Kristen di Gereja Abdiel Hosanna Dongko, ujarnya.

“Hal tersebut wajib dilakukan guna mengantisipasi terjadinya aksi gangguan dari orang yang tidak suka dengan kegiatan agama lain ataupun kelompok radikal dan intoleransi, serta memberikan pelayanan berupa pengamanan agar sedapat mungkin memberikan rasa aman dan nyaman para jemaat yang melakukan ibadah”, pungkas AKP Tri Basuki.

Dari rangkaian kegiatan peribadatan dan syukuran Natal dari jemaat Gereja Abdiel Hosanna berjalan aman dan kondusif.