Anjangsana Bhabinkamtibmas Guna Memperkokoh Jalinan Silahturahmi

Polres Trenggalek – Untuk memperkokoh tali silahturahmi antara Polisi desa dengan masyarakat binaan perlu adanya tindakan nyata antara Bhabinkamtibmas atau pembina Desa agar selalu hadir dan sambang ke rumah warga masyarakatnya atau dengan cara door to door system (dds).

Hal tersebut sering dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Dongko Polsek Dongko Polres Trenggalek Brigadir Eko Priyanto yang terus aktifkan sambang kerumah masyarakat binaan.

Seperti yang terlihat kali ini ketika sambang silahturahmi oleh Bhabinkamtibmas Desa Dongko kerumah saudara Sunaryo yang beralamatkan di Rt 09 Rw 02 Dusun Krajan Desa Dongko Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Minggu (13/01)

Disana Bhabinkamtibmas bersama tuan rumah dan kerabatnya sedang duduk bersantai di ruang tamu, dan tampak semuanya sangat bergairah dalam melalukan perbincangan hangat seputar kamtibmas.

Ditemui usai kegiatan, Brigadir Eko Priyanto mengatakan, kegiatan sambang dan silaturahmi seperti ini sangat penting, yakni untuk menjalin hubungan yang harmonis diantaranya bisa berkomunikasi yang baik sekaligus membangun kerja sama yang intens antara Polisi bersama masyarakat.

“Jika kita sering sambang dan silahturahmi kerumah warga binaan dan sharing positif terkait kamtibmas maka masyarakat akan ikut membantu pihak keamanan untuk menanggulangi berbagai macam persoalan kamtibmas demi terpeliharanya situasi wilayah yang kondusif”, terang Bhabinkamtibmas yang pernah berdinas di Polda Metro Jaya ini.

Sementara dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., mengungkapkan bahwa sambang silahturahmi  seperti ini harus dipupuk dan dikembangkan karena merupakan langkah yang tepat dan cara untuk terus mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat.

“Hal ini semakin menambah kemesraan dan harmonis di dalam ruang lingkup memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat”, tegas AKP Tri Basuki.

Masih menurut AKP Tri Basuki dengan peran masing-masing yang disinergikan akan menjamin keamanan diwilayah Kecamatan Dongko, dalam menghadapi berbagai persoalan kamtibmas saat ini.

“Kegiatan sambang desa,tatap muka ataupun anjangsana merupakan wujud nyata petugas Bhabinkamtibmas dalam hal silahturahmi untuk tumbuhkan nilai-nilai positif  guna menunjang keamanan dan ketertiban di masyarakat”, tutur AKP Tri Basuki.

Dengan silaturahmi yang baik maka akan dengan sendirinya terbangun kebersamaan yang lebih kokoh untuk menjaga kedamaian ditengah masyarakat, pungkasnya.