Antisipasi Kesalahan Dalam Pilkades, Desa Pakel Gelar Simulasi Prapilkades Bersama Unsur Tiga Pilar

Polres Trenggalek – Kegiatan simulasi pra Pilkades desa Pakel, kecamatan Pule Trenggalek hari ini bakal dilaksanakan di balai desa Pakel, itu pada Minggu ( 20/01 ). Dalam kegiatan simulasi Pilkades yang dilaksanakan dengan menghadirkan unsur tiga pilar desa termasuk salah satunya Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aipda Sunardi.

 

” Saat ini masih persiapan, menunggu kelengkapan panitia dan juga simulasi alat dalam Pilkades,” kata Aipda Sunardi saat ditemui di balai desa Pakel kemarin siang.

 

Tujuan dalam pelaksanaan simulasi yang diadakan panitia Pilkades Pakel merupakan bentuk upaya dalam mencegah kesalahan dan juga kekurangan saat pelaksanaan Pilkades. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab semua elemen masyarakat yang duduk di panitia dalam mensukseskan agenda demokrasi di tingkat desa tersebut.

 

Menurut keterangan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aipda Sunardi, Kegiatan simulasi sistem Pemilihan Kepala Desa akan memudahkan panitia dalam hal pengolahan data yang berkaitan dengan pemilihan kepala desa seperti pencatatan daftar pemilih tetap, pencatatan data daftar hadir pemilih, pencatatan data calon kepala desa, perhitungan suara, pembuatan laporan yang berkaitan dengan data-data pemilihan kepala desa, pembuatan surat undangan pemilihan kepala desa sebagai menu ajuan untuk digunakan bagi para pemilih yang bisa datang langsung ke tempat pemungutan suara, sehingga para pemilih tetap bisa menggunakan hak suaranya dengan datang langsung ke tempat pemungutan suara.