Dukung Pengamanan Kunjungan Tokoh Nasional, Polsek Pule Siagakan di Dalam Stadion

Polres Trenggalek – Penempatan personel di lokasi dalam stadion dilaksanakan sejak pagi ini, Selasa ( 22/01 ). Pengamanan kegiatan istighotsah akbar yang dihadiri tokoh nasional K.H Ma’ruf amin di stadion minak sopal kelutan Trenggalek yang melibatkan personel Polsek Pule Polres Trenggalek dalam lokasi penempatan di barat tribun stadion berdekatan lokasi panggung kegiatan.

Apel pelaksanaan pengamanan dilaksanakan setelah sholat shubuh di stadion minak sopal kelutan, Trenggalek yang diambil langsung Kapolres Trenggalek AKBP Didit B.W.S. yang diikuti personel yang dilibatkan dalam pengamanan di ring 1, ring 2 dan ring 3. ” Agar diperhatikan kepada personel yang melaksanakan tugas di ring 2, untuk mobil yang tidak bisa menunjukan ID Card dilarang masuk. Semua dilakukan dalam mendukung adanya kelancaran kegiatan,” kata Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi meneruskan arahan yang disampaikan Kapolres dalam bertindak dilapangan.

 

Keamanan dalam penyelenggaraan sebuah event yang dihadiri tokoh nasioanl merupakan hal yang sangat penting. Apalagi adanya tamu-tamu VVIP (Very Very Important Person), maka faktor keamanannya harus direncanakan dengan sangat baik dan sistematis. Mereka yang tergolong dalam tamu VVIP Keamananya menjadi tugas bersama. Tamu VVIP lebih diprioritaskan daripada tamu-tamu yang lain. Artinya, tamu VVIP mendapatkan perlakuan istimewa dan pengawalan yang super ketat dari para aparat keamanan, baik dari TNI maupun POLRI.

 

Sistem keamanan yang diterapkan untuk sebuah acara yang dihadiri oleh tamu VVIP biasanya terbagi menjadi tiga ring atau tiga area. Pembagian tersebut didasarkan pada jumlah personel keamanan dan ketatnya penjagaan. Ring tiga adalah kawasan di lalui jalur rombongan yang dalam penempatan di ring ini didominasi dari kekuatan Polisi lalu lintas. Misalnya jalan-jalan dan lokasi menuju kegiatan . Personel keamanan yang bertugas ring tiga biasanya terdiri dari puluhan bahkan ratusan personel yang merupakan gabungan dari Polri dan personel TNI.