Bhabinkamtibmas Beri Pengamanan Saat Pelaksanaan Pencoblosan Bagi Pemilih Penyandang Sakit

Polres Trenggalek – Mencoblos didalam mobil yang tertutup, itu aksi beda yang disepakati calon Pilkades Sidomulyo Wahyono dan Sudarman dalam pemilihan Pilkades hari ini, Sabtu ( 9/02 ). Proses pencoblosan di dalam mobil yang di dukung dalam kelancaranya dari Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Andik saat salah satu warganya yang menderita strok tidak bisa mencoblos dilokasi yang telah disiapkan panitia Pilkades, Sutarji nama orang yang mendapatkan perlakuan khusus panitia Pilkades Sidomulyo.

 

Dalam pelaksanaan pemungutan suara yang dijadwalkan dari Panitia Pilkades dari waktu dimulainya pada pukul 07.00 dan selesai pada nanti siang pada pukul 13.00 yang mendapatkan dukungan pengamanan dari semua unsur Bhabinkamtibmas, BKO Polres, Babinsa dan Linmas desa setempat. Adanya para pemilih memiliki latar belakang sudah tua, disbilitas dan penyandang sakit strok menjadi bagian dari peserta pemilihan yang perlu perhatian semua pihak termasuk dari Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek dalam mendukung kelancaranya.

 

Menurut penyampaian Bripka Andik Setiawan Bhabinkatibmas Polsek Pule Polres Trenggalek dalam berbicara pentahapan pengambikan suara dalam Pilkades yang mengikuti aturan ( legal stannding ), meliputi Pelaksanaan Rapat Pemungutan Suarayang merupakan langkah awal dari pelaksanaan Perbub nomor 53 tahun 2016 Kabupaten Trenggalek.

 

Implementasi dari Pasal 58 yang menyebutkan ayat (1) Rapat pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 WIB dan
ditutup paling lambat pukul 13.00 WIB, ayat (2) Apabila pada pukul 07.00 WIB sebagaimana dimaksud pada
ayat (1) saksi atau Pemilih belum hadir, rapat pemungutan suara ditunda sampai dengan kehadiran saksi atau Pemilih
paling lama 30 (tiga puluh) menit.

 

Dalam ketentuan pasal 58 ayat (3) Apabila sampai dengan waktu yang ditentukan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) saksi atau Pemilih belum hadir, rapat pemungutan suara dibuka dan dilanjutkan dengan
pemungutan suara. Rapat pemungutan suara dilakukan dengan susunan acara, pembukaan rapat pemungutan suara, penyampaian penjelasan hal-hal sebagai berikut, nama-nama Calon Kepala Desa sesuai dengan nomor urut, waktu dimulai dan berakhirnya pemungutan suara, tata cara pemungutan suara, pembukaan perlengkapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara dan penutup kesemuanya diatur dalam pasal 4.

 

” Kita sampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang telah hadir dalam pelaksanaan Pilkades dan menyampaikan hak pilihnya tidak Golput dalam pemilihan, meskipun salah satu dari pemilih mengalami sakit tetap datang ke lokasi pemilihan,” kata Bripka Andik Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek saat dikonfirmasi.