Sholat Berjamaah Dapat Menumbuh Rasa Kasih Sayang Diantara Sesama Muslim

Polres Trenggalek – Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, S.H. bersama anggota melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah di masjid Baitul Muttaqiin di desa Bendoagung sebagai upaya untuk memakmurkan masjid serta membentuk pribadi petugas yang profesional serta memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selasa (12/02/2019).

Polri adalah manusia biasa, sebagai hamba Allah SWT yang beriman dan bertaqwa sudah selayaknya kita berlomba untuk meraih  keridhoan-Nya. Dengan ridho dan petunjuk-Nya setiap  anggota Polri bisa memberikan pelayanan yang terbaik  kepada masyarakat. Disamping itu giat memakmurkan masjid dengan cara melaksanakan sholat berjamaah dapat memberikan banyak pahala serta manfaat.

Menurut Jumhur Ulama’, sholat berjama’ah hukumnya sunnah muakkad, sedangkan menurut Imam Ahmad Bin Hanbal, sholat berjama’ah hukumnya wajib. Rosulullah SAW selama hidupnya sebagai Rosul belum pernah meninggalkan sholat berjama’ah di masjid meskipun beliau dalam keadaan sakit. Rosululah SAW pernah memperingatkan dengan keras keharusan sholat berjama’ah di masjid.

Terlebih jika kita rajin melaksanakan sholat fardhu 5 waktu maka apabila kita bertemu lima kali dalam sehari, maka akan tumbuh kasih sayang diantara sesama muslim. Dan jika suatu waktu ada saudara kita yang biasa berjama’ah kemudian beberapa waktu tidak hadir di masjid, maka kita akan bertanya-tanya, ada apa atau mengapa ia tidak berjama’ah? Seandainya jawaban yang didapat bahwa beliau itu sakit, maka kita akan bergegas menjenguk dan mendo’akannya.

“Sholat berjama’ah juga mengajarkan persamaan  tidak dibedakan antara yang kaya dan yang miskin, seorang pejabat atau rakyat jelata, atasan atau bawahan, semua berdiri, ruku’, sujud, dan duduk dalam satu barisan untuk taat dan tunduk kepada Allah.” Ujar Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, S.H.