Sinergitas Tiga Pilar Desa Kedunglurah Dalam Mewujudkan Keamanan di Desa Binaannya

Polres Trenggalek – Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat desa agar tetap kondusif, perlu sinergitas antara tiga pilar kamtibmas yang terdiri dari Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Agar sinergitas 3 pilar ini bisa berjalan optimal, dibutuhkan komunikasi intens antar unsur Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.. Soliditas diantara mereka harus dibangun berdasarkan kedekatan emosional sehingga dalam menjalankan perannya sebagai sulusi dari setiap permasalahan di desanya.

Seperti yang dilakukan oleh Bahbinkamtibmas Desa kedunglurah Polsek Pogalan Polres Trenggalek Bripka Wahyudi bersama Babinsa Koramil Pogalan siang tadi Selasa (12/2), melaksanakan sambang dan silaturahmi ke balai desa Kedunglurah dan sambut oleh Kepala Desa Kedunglurah.

Kegiatan tersebut mempunyai maksud untuk menjalin komunikasi dan hubungan baik serta koordinasi antara Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Desa Kedunlurah pasca Pikades serentak agar tetap aman dan kondusif.

“Kegiatan ini merupakan sesuatu rutinitas yang sudah sering kami lakukan, karena dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif harus selalu dibina kebersamaan dan sinergitas, disinilah pentingnya kekompakan tiga pilar,” ujar Bripka Wahyudi.

Menurut Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek AKP Warjito, S.H., tiga pilar merupakan soko guru dalam menjaga kamtibmas di tingkat desa. Itu semua harus dilandasi komunikasi yang intens antar tiga pilar.

“Kerjasama antar tiga pilar akan menghasilkan mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif,” pungkas AKP Warjito.