Bhabinkamtibmas Ajak Warga Jaga Kerukunan Melalui Media Problem Solving

Polres Trenggalek –  Bhabinkamtibmas Desa Timahan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek bersama Kades dan Petugas Pol PP  melaksanakan problem solving / mediasi permasalahan warga desa binaan untuk mencari jalan keluar demi menjaga kerukunan hidup bermasyarakat, Selasa (12/02/19).

Sudah menjadi kebijakan pimpinan Polri bahwa  Bhabinkamtibmas  yang bertugas sebagai ujung tombak pemelihara kamtibmas untuk berperan aktif dalam penyelesaian masalah.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak Polri yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, yang mengetahui karakteristik warga desa binaan.

Demi menjamin kamtibmas di wilayah desa binaan, seperti yang terlihat pada pagi  ini   Bhabinkamtibmas Desa Timahan Polsek Kampak Bripka Puguh Riyanto, SH bersama Kepala desa dan Petugas Pol PP Kec. Kampak telah melaksanakan problem solving / mediasi permasalahan warga yang terjadi karena kesalahpahaman antar seorang  warga Desa Timahan yaitu inisiatif M dan para pemuda Rt. 03 Rw. 01 Desa Timahan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Kedua belah pihak  yang bermasalah tersebut meminta Bhabinkamtibmas dan Kades untuk dimediasi mencari jalan keluar di Balai Desa Timahan . Alhasil setelah mendapat pengarahan dari tiga pilar, kedua belah pihak  sadar dan telah memahami kesalahan masing-masing dan sepakat  permasalahan diselesaikan secara kekeluargaan.

Setelah dibuatkan surat pernyataan dan kedua belah pihak sudah saling memaafkan, kedua warga desa Timahan tersebut meninggalkan balai desa dengan aman dan kondusif.

“Kita semua bersaudara, ada permasalahan sampaikan kepada kami selaku pembina kamtibmas di desa Timahan, mari kita jaga kerukunan dan hindari perpecahan “pesan Bhabinkamtibmas Desa Timahan Bripka Puguh Riyanto.