Petugas Polsek Panggul Tegur Pic Up Untuk Angkut Orang.

Polres Trenggalek – Berbagai upaya untuk menekan dan meniadakan penggunaan pick up, untuk mengangkut orang telah dilakukan oleh pihak Polsek Panggul, dari sosialisasi larangan penggunaan pick up untuk angkut orang, teguran dan juga menurunkan penumpang. Kamis (14/2/2019).

Namun demikian, masih ditemukan pelanggaran khususnya di wilayah hukum Polsek Panggul. Melihat hal tersebut, Bhabinkabtibmas Desa Ngrambingan Bripka Hery dengan sigap melakukan tindakan di lapangan. Pada waktu melaksanakan patroli kewilayahan, menghentikan kendaraan pick up, yang kedapatan mengangkut orang yang kemudian dilakukan teguran dan penurunan penumpang.

Kapolsek Panggul Iptu Puguh Wardoyo, S.H., M.H. saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, kita telah melakukan berbagai upaya, untuk menekan penggunaan kendaraan pick up yang mengangkut orang. Namun demikian ternyata masih banyak pelanggaran yang dilakukan, dengan membawa mobil jenis pick up untuk mengangkut orang ke jalan-jalan raya.

“Kami himbau kepada segenap warga baik pemilik pick up maupun penumpang, untuk menggunakan kendaraan sesuai peruntukannya, dan juga saya perintahkan kepada anggota untuk melakukan peneguran, apabila mendapati kendaraan pick up digunakan tidak sesuai peruntukannya,” ungkap Iptu Puguh.

Padahal itu jelas tidak diperbolehkan, karena sangat beresiko dan membahayakan penumpang. Baik resiko kecelakaan sampai yang berakibat fatal yaitu kematian, apalagi jika dikendarai dengan kecepatan tinggi, maka rawan terjadi kecelakaan sehingga sampai sekarang teguran gencar dilakukan. Patroli yang dilakukan diharapkan mampu menekan adanya kendaraan jenis pick up yang mengangkut orang, sehingga resiko kecelakaan bisa dihindari, penerapan patroli dilaksanakan secara rutin.

Untuk menciptakan suasana lalulintas yang aman, “Maka kedisiplinan perlu diperhatikan dan diterapkan oleh setiap orang utamanya kendaraan-kendaraan, yang harus sesuai dengan fungsi atau peruntukanya.” Tutup Iptu Puguh.