Telah Dibuka Penerimaan Anggota Polri T.A. 2019

Polres Trenggalek – Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk bergabung dan mengabdikan diri kepada negara melalui Polri. Telah dibuka pendaftaran anggota Polri TA. 2019 untuk 3 jenjang karir sekaligus yakni Tamtama, Bintara dan Akpol. Pendaftara dibuka serentak mulai tanggal 6 hingga 22 aret 2019.

Paurmin Bagsumda Polres Trenggalek Ipda Suyono, S.h. menuturkan, khusus Bintara Polri terdapat beberapa kategori diantaranya Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Bintara Brimob, Bintara Polair, Bintara Teknologi Informasi, Bintara Musik, Bintara Penerbang, Bintara Kimia, Bintara Teknologi Tekstil, Bintara Dakwah Islam dan Bintara Tata Boga. Sedangkan untuk tamtama Polri nantinya akan ditugaskan di kesatuan Brimob dan Polair.

“Untuk jenjang Bintara Polri ada kompetensi khusus sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan” Jelas Ipda Suyono

Adapun persyaratan umum yang harus terpenuhi diantaranya warga negera Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada NKRI, berijasah paling rendah SMU/sederajat, Usia minimal 18 tahun pada saat dilantik sebagai anggota Polri, Sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana yang dibuktikan dengan SKCK, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela serta lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Polri.

“Tahapan seleksi yang harus dilalui antara lain pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I dan II, uji jasmani, pemeriksaan psikologi, uji akademik, tes kompetensi keahlian Bakomsus, PMK dan pemeriksaan administrasi akhir.” Imbuhnya

Perwira yang juga instruktur Judo ini menambahkan, semua proses seleksi mulai dari pendaftaran online hingga pengumuman terakhir tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Dalam hal Rekrutmen, Polri menerapkan prinsip `Betah`, Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

“Jadi jangan percaya kalau ada yang menawarkan bisa meluluskan dengan imbalan tertentu. Semua proses dilakukan secara terbuka” Ucapnya

Bagi yang berminat lanjut Ipda Suyono, Lebih lengkapnya bisa diakses di http://www.penerimaan.polri.go.id atau datang langsung ke kantor Bagsumda Polres Trenggalek. Pihaknya akan memberikan penjelasan secara gamblang terkait dengan seluk beluk penerimaan anggota Polri.

“Siapkan diri mental dan fisik. Jaga kesehatan dan mulai belajar dan berlatih menghadapi seleksi.” Pungkasnya