Melihat lagi Serunya Program Polsanak Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Puluhan siswa TK Dharma Wanita Persatuan 1 desa Ngares Trenggalek nampak riang saat diajak berkeliling Mapolres Trenggalek. Para siswa ini hadir dalam rangka program Polisi Sahabat Anak (Polsanak) yang digelar oleh Satlantas Polres Trenggalek. Rabu (13/03)

Sambil bernyanyi lagu berjudul `Lihat Bapak Polisi`, para siswa mengunjungi satu persatu ruang pelayanan dan satuan fungsi. Di masing-masing ruangan, mereka mendapatkan penjelasan tentang tugas pokok Kepolisian.

Uniknya, saat memasuki ruang pelayanan Satpas SIM, para siswa ini bukan hanya sekedar mendapatkan pengetahuan tentang tertib berlalu lintas tetepi juga di ajarkan bagaimana tata cara mengantri. Disalah satu loket, petugas sudah menyediakan pin dan untuk mendapatkannya mereka harus rela antri satu persatu.

“Budaya antri memiliki filosofi pembelajaran yang sangat baik. Melatih kedisiplinan, kesabaran dan menghargai orang lain dan ini harus kita munculkan kembali sebagai bagian dari nilai budaya Indonesia. Dimulai dari anak-anak usia dini” Ujar kasatlantas AKP Suprihanto, S.H. saat di konfirmasi di ruang kerjanya.

Keseruan pun berlanjut saat para siswa yang menggunakan seragam kebanggan kotak-kotak warna coklat krem ini berkesempatan menumpang kendaraan patroli Kepolisian bahkan sebagian dibonceng oleh petugas menikmati sensasi ujian SIM dengan cara dibonceng sepeda motor.

Sementar itu, Kanitdikyasa Satlantas Iptu Agustyo, S.H yang kebetulan turut mendampingi siswa menuturkan, program Polsanak bertujuan untuk membangun kesadaran tertib berlalu lintas sejak usia dini.

“Hasilnya mungkin tidak bisa kita lihat secara langsung, namun 10 -20 tahun kedepan anak-anak ini akan menjadi generasi yang taat aturan berlalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan” Jelasnya.