Mitra Polisi Saluran Kamtibmas Dalam Ciptakan Lingkungan Aman

Polres Trenggalek – Perlunya interaksi langsung dengan warga masyarakat bagi aparat pengemban amanah melindungi, mengayomi dan melayani ini adalah sentuhan serta pendekatan yang punya tujuan mengajak demi terciptanya suasana yang aman, nyaman dan tertib sehingga terwujudnya ketentraman dalam kehidupan. Obrolan santai namun mengena saat pergelaran blusukan dialogis kepolisian justru berimplikasi positif dalam mentransfer berbagai berita kamtibmas yang tanpa disadari oleh warga masyarakat dijadikan pedoman kewaspadaan dalam bersikap maupun dalam bertingkah-laku.

Senin siang 25/3/19, Iptu Budi Wahono selaku waka Polsek Munjungan Polres Trenggalek bersama Aiptu Suprayitno dengan rilek menghampiri mitra kamtibmas Sujito warga Desa Ngulungwetan di rumahnya dengan berbagai obrolan mengalir tentang situasi terkini hadapi pemilu 2019. Wilayah kecamatan bagian ujung perbatasan dengan kecamatan tetangga lumayan jauh dari kota kecamatan, sehingga blusukan kepolisian harus pula menggali sebanyak banyaknya informasi kamtibmas guna menentukan cara bertindak dalam mengntisipasi kerawanan yang mungkin muncul. “Mitra kamtibmas kepolsian sangat penting dalam turut serta memberikan warna keamanan di mana ia berdomisili” ujar Iptu Budi Wahono.

Konsep pendekatan yang humanis sebagai metode para polisi desa dalam merangkul seluruh lapisan warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan daerah tempat tinggalnya dan saluran kamtibmas terus tersambungkan dengan Polsek Munjungan Polres Trenggalek. (Red/is)