Kapolsek Gandusari Bersama Muspika Hadiri Pelantikan Dan Bimtek Pengawas TPS

Polres Trenggalek – Kapolsek Gandusari Polres Trenggalek AKP Rohadi SH, bersama Muspika Gandusari hadiri pelantikan dan bimtek Pengawas TPS (PTPS) Kecamatan Gandusari dalam rangka Pileg dan Pilpres 2019, yang bertempat di aula Kantor Kecamatan Gandusari, Trenggalek, senin (25/03/2019).

Hadir dalam acara tersebut adalah Muspika Gandusari, Divisi SDM Bawaslu Trenggalek bapak Rusman Nuriyadin, Ketua KUA Gandusari bapak Daier. Ketua Panwascam Gandusari bapak Hadi Prasetyo beserta anggota, Ketua PPK Gandusari bapak Sugeng Hariyadi beserta anggota, Anggota PPL se Kecamatan Gandusari, dan Anggota Pengawas TPS yang akan di lantik sejumlah 160 orang.

Sambutan Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Trenggalek yaitu mengucapkan salam dan penghormatan. Pelantikan PTPS harus dilantik tanggal 25 Maret 2019 karena jika terlambat besuk sudah tidak sah karena sesuai UU PTPS harus sudah sah minimal 23 hari sebelum pemilu. PTPS akan bertugas di TPS membantu panwascam dan Bawaslu. PTPS harus lebih pintar karena ujung tombak Bawaslu. Tugas PTPS adalah mengantisipasi hal-hal pelanggaran pemilu. PTPS harus memahami buku saku yang sudah di bagikan. Bila ditemukan pelanggaran di TPS catat di form A dan di dokumentasikan. Dokumentasi pelanggaran pemilu jangan sampai di posting di medsos. PTPS harus menjaga netralitas.

Sambutan Camat Gandusari yang diwakili oleh Sekcam Gandusari yaitu mengucapkan salam dan penghormatan. Mengucapkan selamat kepada PTPS yang baru dilantik. Berharap kepada PTPS mencermati tugas dan tanggung jawab sebagai Pengawas TPS. Berpesan kepada PTPS agar menjaga netralitas.

Sambutan dan pengarahan oleh Kapolsek Gandusari yaitu mengucapkan salam dan penghormatan. Mengucapkan selamat kepada PTPS yang baru dilantik. Selanjutnya AKP Rohadi SH mengatakan “Kami sarankan agar PTPS selalu berkoordinasi dengan perangkat pemilu yang lain juga dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat. Petugas PTPS harus netral tidak memihak. Petugas PTPS harus mau belajar agar mengerti tugasnya. Bila di temukan indikasi pelanggaran/pidana pemilu harus punya bukti yang cukup, dan segera dikordinasikan dan dilaporkan panwascam untuk ditindak lanjuti. PTPS harus mengetahui kpps, petugas pam TPS dari Polri maupun TNI dan linmas untuk memudahkan berkoordinasi. Pemilu 2019 lebih rumit daripada pemilu sebelumnya karena pemilih akan memilih 5 kartu suara. PTPS harus benar benar memahami tugasnya. Polri mendukung petugas pengawas pemilu. Menghimbau permasalahan sekecil apapun agar di selesaikan di tingkat TPS” Ujar AKP Rohadi Kapolsek Gandusari.