Truk Pengangkut Udang Terguling Di Tikungan Jalan 17 Persen, Ribuan Udang Berserakan

Polres Trenggalek – Kurang lebih tiga ton udang tambak yang masih segar berserakan didalam jurang dan pingir jalan Suruh – Dongko, tepatnya ditikungan 17 persen masuk Desa Puru Kecamatan Suruh akibat satu unit truk dengan Nopol W 8970 US yang dikemudikan oleh Wawan, 38 Thn, Kepo Kemiri Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo, yang mengangkut udang segar mengalami kecelakaan. Beruntung dalam insiden ini tidak sampai memakan korban jiwa. Kamis (04/05) sekitar pukul 21.15 Wib

Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH melalui KSPKT B Aiptu Sumarji yang berada di lokasi saat dikonfirmasi menerangkan bahwa, truk pengangkut udang itu terguling ditikungan 17 Persen, Desa Puru, Kecamatan Suruh karena diduga sopir tidak begitu menguasai medan ditambah lagi jalan sangat gelap dan licin akibat hujan gerimis. Sehingga, udang segar yang dimuat truk tersebut berserakan kedalam jurang dan juga disepanjang jalan.

“Truk pengangkut udang tersebut berasal dari Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dengan tujuan mengantarkan udang ke Kabupaten Sidoarjo dan truk tersebut dikemudikan oleh Wawan yang merupakan sopir cadangan dari truk tersebut, sedangkan sopir utama dari truk tersebut duduk disamping karena sedang capek,” terang Aiptu Sumarji.

Lebih lanjut Aiptu Sumarji menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan dari Sugito salah satu saksi mata yang melihat kejadian tersebut mengatakan bahwa truk tersebut berasal dari arah barat meluncur kearah timur dengan kecepatan cukup tinggi, sesampainya ditikungan dan turunan 17 persen truk tersebut hilang kendali yang akhirnya terguling kesebelah kanan dan menabrak pembatas jalan sehingga sebagian badan truk masuk kejurang dan muatan truk berupa udang segar tumpah dan berhamburan disepanjang jalan serta masuk kedalam jurang, sedangkan pengemudi truk mengalami luka ringan pada tangan dan punggung serta dilarikan ke Puskesmas Suruh oleh warga sekitar guna untuk mendapatkan perawatan medis.

“Guna untuk proses evakuasi dari truk naas tersebut kami memangil derek dari Kabupaten Trenggalek, dan setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya sekitar pukul 04.00 Wib truk tersebut berhasil dievakuasi yang selanjutnya kasus tersebut ditangani oleh Unit Lakalantas Polres Trenggalek,” terangnya.

Aiptu Sumarji yang merupakan KSPKT B Polsek Suruh Polres Trenggalek menceritakan, bahwa jalan raya Suruh – Dongko cukup dikenal berbahaya. Selain menanjak, kondisi jalan yang berkelok kelok sangat rawan bagi pengendara yang belum menguasai medan, oleh sebab itu para pengemudi harus exstra hati-hati serta kondisi mobil juga harus dalam kondisi yang fit.

Udang tambak yang berserakan, lanjut KSPKT B Polsek Suruh Polres Trenggalek yang masih bisa diselamatkan dirapihkan kembali dengan bantuan warga sekitar serta yang sudah agak jelek udang tersebut diambil oleh warga sekitar. Adapun kerugian akibat insiden itu dirinya tidak bisa memastikan, “Ribuan udang yang berserakan dibereskan kembali oleh pemilik dan warga, jika melihat jumlah muatan udang sepertinya kerugiannya mencapi ratusan juta rupiah,” tutupnya.